Selasa, 30 Maret 2010

" berhenti merokok bagi perokok adalah Jihad",

" berhenti merokok bagi perokok adalah Jihad",

saya tidak bermaksud membawa2 masalah rokok ini ke ranah agama, walaupun saya menggunakan kata "jihad". Yang saya maksudkan adalah, bahwa berhenti merokok bagi orang yang sudah terbiasa merokok  adalah sungguh sangat berat!  hanya dengan tekad yang bulat saja orang bisa berhenti merokok.


saya ingin bercerita saja, pada bulan agustus tahun 2006, tepatnya tanggal 21 agustus, saya dikejar deadline untuk menyelesaikan tugas Riset, pekerjaan terpaksa saya bawa ke rumah, bekerjalah saya di rumah di ruang kerja saya yang berdekatan dengan ruangan keluarga.... asap mengepul ke mana2 padahal semua jendela sudah saya buka dan exchaust fan sudah saya nyalakan..... jam 3 dinihari,,, anak saya yang nomor dua yang saya panggil "si lembut" ( karena perangainya lembut sekali seperti ibunya)  keluar dari kamarnya karena ingin pipis ....  keluar dari kamar mandi anak saya batuk2,,, dan parah sekali batuknya.....  melihat hal itu saya menitikkan airmata.....

saya keluar rumah, saya lempar rokok yang ada di bibir, 2 bungkus stock rokok yang masih ada di meja saya  remas sampai hancur... dan sejumlah koleksi asbak dari berbagai negara saya lempar ke tempat sampah.

Bismillah. saya berhenti merokok.! itulah tekad saya.

setelah kejadian tanggal 21 itu, 2 minggu saya "sakau"... keringat dingin selalu mengucur meskipun di ruang berAC..... dada saya selalu berdebar2.... saya tahan....  saya tanggulangi dengan  minum Esther C pagi hari, dan saya minum E-vion malam hari.... terus saya lakukan hampir satu tahun... hasilnya Alhamdulillah.

Yang tak kalah penting adalah dorongan dari orang2 terdekat, istri, anak2 dan teman2.

saya memahami, berhenti merokok itu susssssaaaaaaah sekali.... tapi bukan berarti
 tidak bisa..... Cobalah.... itung2 belajar menahan hawa nafsu.... toh pada saat siang di bulan Ramadhan kita toh bisa tidak merokok>>>>\\\\


salam
yudha

 

1 komentar:

  1. alhamdulillah...semoga usaha saudara berterusan dan semoga allah menilai ia sbg jihad yg murni.sekurang2nya jihad pada diri sendiri.saya pun dalam usaha ke arah itu.

    salam dari malaysia

    BalasHapus