Selasa, 23 Februari 2010

Pakde Gun ;Apolo Yellow Melon.jpg

 

Iya pakde, greenhouse itu dibangun tahun 2007, zaman pak Maurits Napitupulu Kadisnya, mbak ida pada waktu itu kabag perencanaannya. Tahap pertama dibangun 5000 M2 di Cilangkap dan 5000 M2 di rorotan.

Type Greenhouse yang dibangun adalah model Bulbo, dengan sistem ventilasi open- Circle ( sekeliling green house menggunakan insect net) yang memungkinkan arus udara horisontal bisa dari semua arah), atap lengkung yang berfungsi sebagai wind-turbulance catcher, dimana uap panas dari dalam greenhouse (biasanya 20% lebih panas dari suhu di luar) menarik arus angin yang ada pada ketinggian)

Ada beberapa sistem hidroponik yang diterapkan disana, dibedakan dari cara aplikasi hara, untuk melon digunakan sistem Drip irigation (sistem tetes) dengan media substrat arang sekam.
Untuk tanaman daun (kangkung dan bayam merah) saya buatkan pond, aplikasi hara dengan metoda floating film technic, dimana tanaman hidup di air tergenang dengan arus rendah.
Untuk tanaman sayur batang (kailan), saya buat dengan asimetric-pond dengan metoda Nutrient film technic, dimana tanaman tumbuh di air arus cepat)

Unsur hara yang digunakan adalah paket AB Mix, larutan pekat basa dan asam dipisah, baru dicairkan dengan air komposisi 1;200.

Pemasaran, saya sinergikan dengan amazing farm (kebetulan, dany pemilik amazing adalah kawan)

Wah kalau cerita tehnik gak selesai sehari. Alhamdulillah ilmu2 tsb saya dapat waktu di belanda.

Buat saya yang menyenangkan adalah, bahwa saya yang S1-nya adalah sospol (sosiologi) bisa ngerjain pekerjaan orang Fateta dan bisa ngejelasin kerjaannya agronom..... Hehehhehe

Di kostrad, saya ngajarin soldadu nanem jagung dan kacang tanah, sekarang jagung manis kostrad cilodong yang diwrapping sudah masuk Carefour Cibinong.... iih senengnya bertani

Saya sering mesem2 karena di kostrad saya dipanggil komandan-insinyur.... Padahal komandan bukan.. Insinyur bukan, tapi itulah! Saya bersyukur karena dunia pertanian... Saya bisa langsung jadi komandan dan insinyur tanpa harus masuk akmil dan kuliah di fak.Pertanian....

Punteeeeen yang lulusan fakultas pertanian pada kemana yaaaaa?

Salam
Yudha Herry asnawi

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar