Minggu, 11 April 2010

"Buku untuk Bangsa"

Buku untuk Bangsa
Sambutan Launching Dua Buku di JMC, 09 April 2010)
Oleh
Indra Jaya Piliang

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hari ini, Jum'at, 09 April 2010, adalah tepat setahun pelaksanaan pemilu legislatif. Artinya, empat tahun dari sekarang akan diadakan pemilu lagi. Waktu yang pendek untuk membenahi banyak hal yang terasa carut-marut dalam pemilu lalu. Mudah-mudahan, tahun ini juga akan dimulai proses revisi terhadap paket undang-undang bidang politik. Apabila tahun depan revisi itu selesai, maka proses sosialisasi dan pembuatan peraturan-perundangan lainnya juga membutuhkan waktu.

Banyak yang bertanya kepada saya, kenapa menerbitkan sebuah memoar, apalagi memoar tentang kekalahan. Ada juga yang menyeringai dan mungkin sampai sekarang tetap mencibirkan kehadiran buku setebal 591 halaman ini. Untuk menunjukkan bahwa saya juga menulis selain memoar, kehadiran buku "Bouraq-Singa Kontra Garuda" juga berjejer sebagai pendamping.

Ijinkan saya menjawab pertanyaan itu hari ini. Buku yang saya tulis selama kurang lebih enam bulan ini adalah bagian dari potret demi potret dalam layar kehidupan seorang anak bangsa. Potret yang juga dimiliki oleh orang lain, dengan beragam profesi. Buku yang sebetulnya tertunduk malu kepada pendiri-pendiri bangsa, kepada para penulis cum politisi, kepada buku-buku lapuk dimakan usia yang berisi ungkapan cerdas penuh makna tentang perjuangan politik yang berujung kepada kemerdekaan, pasca-kemerdekaan, peri-kemanusiaan dan peri-keadilan. Mereka menulis jauh lebih muda umurnya dari saya.

Kenapa memoar? Kalau hanya sekadar pikiran-pikiran tentang masalah-masalah besar bangsa ini, saya kira banyak kaum intelektual sudah menuliskannya. Pikiran-pikiran besar yang bisa dikutip dari text-book manapun. Seorang politikus, di negara manapun, tidaklah dinilai begitu saja dari apa yang dia pikirkan, melainkan apa yang sudah dia lewati dan lalui. Rekam-jejak politikus lebih banyak dikaitkan dengan proses yang sudah dijalankan dalam hidup, ketimbang impian-impian besarnya tentang Indonesia dan masa depan.

Hadirin Yang Terhormat

Sepuluh hari lagi saya berusia 38 tahun. Kalau dibandingkan dengan usia Soekarno, itulah era tahun 1939 yang penuh gejolak dan harapan, mengingat Soekarno lahir tahun 1901. Tiga tahun setelah itu, Pak Jusuf Kalla lahir di Watampone, tanggal 15 Mei 1942, ketika balatentara Jepang mulai mengintip kekayaan alam Indonesia dan mulai berjalan dengan kaki-kaki pendeknya. Tahun 1980, ketika Pak JK seumur saya, adalah masa-masa yang sibuk dengan kegiatan ekonomi dalam bonanza dan lautan minyak.

Kalau dibandingkan antara Soekarno dan Pak JK dengan saya, maka saya dan Soekarno lebih duluan masuk dunia politik. Setahu saya, Pak JK baru mulai bersentuhan dengan Golkar pada tahun 1984 di usia 42 tahun, bersama dengan Bang Fahmi Idris dan kawan-kawan. Atau mungkin Pak JK masuk lebih ke belakang lagi, sekitar akhir tahun 1980-an.

Soekarno sudah menulis banyak sekali buku sebelum berusia 38 tahun. Buku-buku yang lahir di penjara, pengadilan dan diskusi lintas-aliran. Konon, Soekarno membaca lebih kurang 70.000 buku selama hidupnya atau sekitar 1.000 buku per tahun. Mungkin jumlah itu terlalu besar akibat bisikan dan doktrin sejumlah senior ketika saya menjadi mahasiswa. Katakanlah Soekarno membaca 7.000 buku atau 100 buku per tahun, tetap saja jumlah buku di Indonesia terlalu sedikit. Dan sebagian besar buku di Indonesia, apalagi buku-buku politik, masuk kategori buku-buku langka. Ada apa?

Saya tidak ingin mengutuk itu. Sebagai politikus, saya harus melakukan sesuatu. Kehadiran dua buku pada hari ini adalah bentuk dari "sesuatu" itu. Politisi harus lebih banyak bekerja dan berbuat, ketimbang mengutuk keadaan. Sekalipun saya bukanlah seorang pejabat publik yang menghuni kursi di parlemen atau pemerintah, tetap saja tanggungjawab sebagai politisi akan hinggap di pundak saya sampai akhir hayat nanti.

Tentu ada alasan yang lebih kuat, yakni saya tidak bisa memasang iklan. Kini berkembang pemikiran bahwa untuk menjadi ketua umum partai politik, anda harus memasang dan membuat iklan banyak-banyak. Kata-kata yang pendek dan dangkal diulang-ulang. Bagi saya, itu adalah pembodohan. Biarkan media melakukan tugasnya. Kalau memang ingin menjadi pemimpin sebuah partai – apalagi menjadi pemimpin bangsa ini – maka tulislah buku. Dengan buku, banyak hal yang bisa anda katakan.

Jadi, saya menolak mengatakan sedang memulai sebuah tradisi baru di kalangan politisi, yakni dengan menulis buku. Yang lebih tepat adalah saya mengulangi lagi apa yang pernah dilakukan oleh pendiri bangsa Indonesia yang mayoritas terdiri dari para penulis dan pemikir. Tidak ada jenderal yang ikut-ikutan mendirikan negara Republik Indonesia. Kalaupun ada yang berasal dari luar kalangan dunia intelektual, ya, mereka dikenal sebagai saudagar, organisatoris lembaga sosial kemasyarakatan dan tokoh-tokoh yang berasal dari kerajaan-kerajaan pra-Indonesia.

Hadirin Yang Mulia

Tentang isi buku saya, tentu akan ada perdebatan. Silakan saja. Kecuali kesalahan penulisan nama, alamat, pekerjaan atau kesalahan-kesalahan teknis lainnya, Insya Allah akan saya perbaiki di edisi berikutnya. Terlalu banyak nama yang saya tulis dalam buku, terutama buku memoar, bahkan belum semuanya terisi di halaman index. Biarlah saya menjadi si buta dan si tuli, menyangkut apapun persepsi pembaca menyangkut isi buku. Saya tidak akan membelanya. Kecuali ada orang-orang yang ingin melarang peredarannya atau membakarnya, tentu saya akan melawan.

Saya menulis puisi untuk kedua buku ini:

Naskah Biru-Hitam
: utk MMO & BSKG

Ada yang lahir, ada yang mati
Ada yang menangis, ada yang tertawa
Ada yang fana, ada yang abadi

Padamu, tertumpuk seluruh rasa, seluruh bahasa
Tentang hidup, derita, cerita, berita
Bahkan kabar-kabar kepedihan
Senyum tulus persahabatan
Hunus pedang, hunus kelewang
Busa-busa kata, kata-kata berbisa

Kamu, kalian, bukanlah pelarian
Tapi tujuan
Terawang cahaya dunia bisu
Butir-butir ilmu samudera waktu

Kulepas kalian
Ke alam bebas
Di genggaman orang-orang
Berteman lampu, lilin, petromak atau matahari siang

Tidurlah, lelaplah
Lupakan bahwa kita pernah bermalam-malam
Sejak dini hari ke dini hari
Berbulan-bulan
Bersama-sama bekerja ntuk saling memberi-menerima

Kupungut kau, kalian, dari tanda-tanda langit
Kau sapa aku, pandangi tombol-tombol huruf dan angka di laptopku,' ntuk gerakkan tangan dan jariku
Selain kata, kau dan kalian, apalagi yang hadir dalam kenisbian?
Selamat jalan...

Jakarta, 11 Maret 2010

Dengan buku ini, saya mencoba memulai langkah-langkah kecil. Ibarat rumah yang diterjang gempa, maka dunia politik juga lagi sedang runtuh-runtuhnya. Party Id hanya sekitar 20-an persen, kecuali mendekati pemilu legislatif. Dunia politik seakan dunia yang sunyi dan magis, hanya dipenuhi oleh dedemit, gendoruwo, sihir sampai dukun. Langkah pertama saya untuk merasionalisirnya dimulai dengan menyampaikan semacam pidato di Universitas Paramadina pada tanggal 06 Agustus 2008. Pidato yang menegaskan bahwa saya bukan lagi seorang yang netral. Saya berpihak, parsial dan tidak lagi independen. Saya memanjat akar licin yang menjuntai pada dahan dan batang pohon beringin.

Buku ini juga bagian dari langkah kecil itu. Sebuah pertanggung-jawaban kepada publik tepat setahun usai pemilu. Sejumlah cerita dari dunia dalam bagi masyarakat awam. Juga beragam pengalaman dan pengetahuan baru tentang masyarakat, terutama di Sumatera Barat. Sungguh, untuk pengalaman itu, saya berterima kasih kepada siapapun yang sudah berinteraksi dengan saya. Tentu yang pertama kepada Pak Jusuf Kalla dan yang kedua dan seterusnya untuk yang lain.

Pak JK bagi saya hari ini adalah seorang guru olah pikir. Ada bagian yang saya tidak tuliskan dalam buku soal ini. Entah kenapa, saya menjadi lupa. Nanti saya hadirkan dalam edisi revisi. Padahal, menurut saya, itulah fase kelahiran bagi seorang JK yang baru yang kemudian menyingsingkan lengan baju: lebih cepat, lebih baik. Apa itu? Biar Pak JK yang menceritakannya. Yang saya tahu, Pak JK menjadi lebih cepat dan lebih baik, setelah migren di kepalanya tidak lagi mengganggu, lewat sebuah operasi di rumah sakit terbaik di planet bumi ini yag terapung di tengah galaxy.

Hadirin Yang Mulai Bosan

Sampailah saya pada akhir pidato pendek berjudul "Buku untuk Bangsa" ini dengan menyampaikan sebuah lampiran. Lampiran yang sampai hari ini tidak terawasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Badan Pengawas Pemilu atau PPATK. Apa itu? Dana kampanye pribadi saya. Inipun luput ditulis dalam buku, sekalipun saya memiliki datanya. Sebagai politisi, saya diajarkan untuk menyiasati Undang-Undang. Tidak ada kewajiban yuridis yang harus saya penuhi untuk menyebutkan biaya pribadi kampanye saya.

Karena itu juga, saya tidak akan bercerita sedetik-detiknya. Biar saya menyebut saja garis besarnya. Bukankah ini sebuah awal saja? Bagi saya, salah satu ukuran bagi seorang politisi adalah seberapa banyak ia menyumbang, bukan seberapa banyak ia menyumbang dengan anggaran pribadi. Siapapun bisa menjadi politisi dengan bermodalkan uang. Semakin banyak seorang politisi disumbang, semakin ia memiliki tanggungjawab sosial kepada masyarakatnya.

Sampai tanggal 09 April 2009 lalu, saya menghabiskan anggaran sebesar lebih dari Rp. 1 Milyar. 30% lebih dana itu berasal dari anggaran pribadi saya, termasuk uang pensiun dari CSIS. 25% disumbangkan oleh seorang pengusaha yang mungkin sadar bahwa saya adalah anak yang lucu yang lagi jumpalitan di jorong, korong dan nagari. 10% dana itu berasal dari seorang menteri yang berasal dari partai lain. Seorang menteri lain dari Partai Golkar, menyumbang sebanyak 2%.

Tiga orang gubernur kepala daerah, satu dari partai yang berbeda -- baik secara garis perjuangan maupun populasi penduduk yang lain agama dengan Sumbar--, masing-masing menyumbang sebanyak 2%. Jumlah 2% juga disumbangkan oleh seorang pengusaha muda yang kini sepertinya "turun daun", entah kenapa.

Berapa sumbangan Pak JK? Sebanyak 5%. Hampir sama dengan sumbangan bekas boss saya di CSIS dan teman saya yang banyak turun dengan baliho-balihonya di Sumbar 1. Teman saya yang lain yang ada sub-babnya dalam buku memoar, menyumbang sebesar 2,5%, lalu di bulan terakhir menyumbang lagi 1%. Seorang dosen yang sukunya disembunyikan, sama-sama Piliang, menyumbang sebesar 0,7%. Yuddy Chrisnandi menyumbang 0,25% alias seratus kali lebih sedikit dari penyumbang terbesar saya. Sumbangan 0,25% ini lumayan banyak, juga ada seorang mahasiswa yang menyumbang 0,025% dan kawan yang lalu menjadi sangat akrab sebesar 0,5%.

Kemana dana itu pergi? Alhamdulillah, menurut catatan Tim IJP 09 Center, paling banyak masuk ke mesjid, surau, pengaspalan jalan desa yang buruk dengan kerikil, buku-buku yang disebarkan ke banyak sekolah, biaya harian Tim IJP 09 Center yang terdiri dari anak-anak tamatan atau tidak tamat SD, beberapa pertandingan olahraga dan peralatan olahraga termasuk yang dikirim ke penjara, konsumsi ribuan orang dalam sejumlah kegiatan di posko IJP-09 Center, juga tentu masuk ke lapau-lapau atau warung-warung penduduk di dusun-dusun yang sepi.

Tidak ada dana itu yang masuk ke tangan dukun politik, makelar politik ataupun kepada kalangan yang mencari hidup lewat pesta lima tahunan itu. Sebagian kecil dana digunakan untuk membeli logistik, seperti baliho, spanduk, kalender dan lain-lainnya. Sebagian yang lain lenyap menjadi asap dari bahan bakar fosil yang dibakar. Dengan delapan bulan lebih saya dan tim di lapangan, berarti biaya yang keluar sebesar rata-rata Rp. 125 Juta per bulan atau sebesar Rp. 4 Juta lebih dalam sehari.

Saya mengucapkan terima kasih atas sumbangan-sumbangan itu, besar atau kecil. Sebagai bukti saya bertanggungjawab atas dana publik itu, saya menulis buku ini sebagai bagian dari pertanggungjawaban. Saya juga berterima kasih atas bantuan pembuatan stiker, baliho, kalender dan spanduk serta karangan bunga yang diberikan selama kampanye. Termasuk juga saya berterima kasih kepada Fraksi Partai Golkar DPR RI yang telah membeli 500 eksemplar buku ini, kepada Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yang telah membantu untuk konsumsi kegiatan launching ini, kepada Jeffrie Geovanie, Poempida Hidayatullah dan Nurul Arifin yang juga membantu kegiatan ini.

Dalam waktu dekat, saya berencana menulis – tepatnya menyalin—sebuah buku lagi dengan judul "1990: Jejak Langkah Anak-Anak Millenium". Betul-betul subjektif. Salinan yang berasal dari catatan harian saya sepanjang tahun 1991-1998 atau dikenal sebagai era 1990-an. Tentu saya menjanjikan banyak sekali kejutan, terutama dalam kata-kata para mahasiswa dari beragam kampus, khususnya di Universitas Indonesia. Beberapa nama hadir di ruangan ini. Sebelum mereka benar-benar bertarung untuk alih generasi dalam beberapa saat lagi, biarlah riwayat mereka hadir dan menjadi cermin bagi kita semua.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Terlebih dan terkurangnya, saya mengucapkan terima kasih. Wallahu'alam Bissawab...

Wassalamu'alaikum Wr Wb
Hormat Saya,

Indra Jaya Piliang

__._,_.___
Reply to sender <mailto:pi_liang@yahoo.com?subject="Buku untuk Bangsa"> | Reply to group <mailto:kahmi_pro_network@yahoogroups.com?subject="Buku untuk Bangsa"> | Reply via web post <http://groups.yahoo.com/group/kahmi_pro_network/post;_ylc=X3oDMTJydXI1MDJmBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzEwODM5MDc3BGdycHNwSWQDMTcwNTMyOTcyOQRtc2dJZAMzMzcwOQRzZWMDZnRyBHNsawNycGx5BHN0aW1lAzEyNzEwNDUwMzQ-?act=reply&messageNum=33709> | Start a New Topic <http://groups.yahoo.com/group/kahmi_pro_network/post;_ylc=X3oDMTJmdGU2Y2wzBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzEwODM5MDc3BGdycHNwSWQDMTcwNTMyOTcyOQRzZWMDZnRyBHNsawNudHBjBHN0aW1lAzEyNzEwNDUwMzQ->
Messages in this topic <http://groups.yahoo.com/group/kahmi_pro_network/message/33709;_ylc=X3oDMTM3bTFmYjViBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzEwODM5MDc3BGdycHNwSWQDMTcwNTMyOTcyOQRtc2dJZAMzMzcwOQRzZWMDZnRyBHNsawN2dHBjBHN0aW1lAzEyNzEwNDUwMzQEdHBjSWQDMzM3MDk-> (1)
Recent Activity:

* New Members <http://groups.yahoo.com/group/kahmi_pro_network/members;_ylc=X3oDMTJnM2QyMTYxBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzEwODM5MDc3BGdycHNwSWQDMTcwNTMyOTcyOQRzZWMDdnRsBHNsawN2bWJycwRzdGltZQMxMjcxMDQ1MDM0?o=6> 1

Visit Your Group <http://groups.yahoo.com/group/kahmi_pro_network;_ylc=X3oDMTJmbzA2bG1sBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzEwODM5MDc3BGdycHNwSWQDMTcwNTMyOTcyOQRzZWMDdnRsBHNsawN2Z2hwBHN0aW1lAzEyNzEwNDUwMzQ->
Web Address http://groups.yahoo.com/group/kahmi_pro_network/

MAKLUMAT:

1. MILIS INI TIDAK MENERIMA SEGALA BENTUK ATTACHMENT.
2. AGAR MENULISKAN NAMA ASLI (PANGGILAN ATAU NAMA LENGKAP).
3. TIDAK MENGUMBAR PERMUSUHAN DAN/ATAU MENGGUNAKAN KATA-KATA KASAR.
dan
4. TIDAK MENYERTAKAN POSTING SEBELUMNYA ATAU YANG DITANGGAPI SECARA
KESELURUHAN, CUKUP EMAIL BAGIAN/PARAGRAF YANG INGIN DITANGGAPI.
MARKETPLACE

Do More for Dogs Group. Connect with other dog owners who do more. <http://us.ard.yahoo.com/SIG=15ocegkue/M=493064.13983314.13965207.13298430/D=groups/S=1705329729:MKP1/Y=YAHOO/EXP=1271052235/L=69ab3542-45e8-11df-bf4e-335b98840174/B=OZDYJmKImh4-/J=1271045035203668/K=ktli3He1tO6EiO5s0gvXtw/A=6046497/R=0/SIG=11jls91tg/*http://advision.webevents.yahoo.com/domorefordogs>

<http://us.bc.yahoo.com/b?P=69ab3542-45e8-11df-bf4e-335b98840174&T=1d47suc4i%2fX%3d1271045035%2fE%3d1705329729%2fR%3dgroups%2fK%3d5%2fV%3d2.1%2fW%3dH%2fY%3dYAHOO%2fF%3d901950829%2fH%3dY29udGVudD0iR3JvdXBzO01lc3NlbmdlcjtNb2JpbGU7TWFpbDtCcmllZmNhc2U7WWFob29fU2VhcmNoX01hcmtldGluZztHZW9jaXRpZXM7RmxpY2tyO0NvbXBhbmlvbjtCb29rbWFyazsiIGRpc2FibGVzaHVmZmxpbmc9IjEiIHNlcnZlSWQ9IjY5YWIzNTQyLTQ1ZTgtMTFkZi1iZjRlLTMzNWI5ODg0MDE3NCIgc2l0ZUlkPSIyNzk2MDUxIiB0U3RtcD0iMTI3MTA0NTAzNTE5NjMzMCIg%2fQ%3d-1%2fS%3d1%2fJ%3d3B5EC442&U=13cn48u7q%2fN%3dOZDYJmKImh4-%2fC%3d493064.13983314.13965207.13298430%2fD%3dMKP1%2fB%3d6046497%2fV%3d1>
________________________________


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you. <http://us.ard.yahoo.com/SIG=15ofkvemq/M=493064.13814537.13965224.10835568/D=groups/S=1705329729:MKP1/Y=YAHOO/EXP=1271052235/L=69ab3542-45e8-11df-bf4e-335b98840174/B=OpDYJmKImh4-/J=1271045035203668/K=ktli3He1tO6EiO5s0gvXtw/A=6042764/R=0/SIG=11jbo19n3/*http://advision.webevents.yahoo.com/momconnection>

<http://us.bc.yahoo.com/b?P=69ab3542-45e8-11df-bf4e-335b98840174&T=1d5fbvkfi%2fX%3d1271045035%2fE%3d1705329729%2fR%3dgroups%2fK%3d5%2fV%3d2.1%2fW%3dH%2fY%3dYAHOO%2fF%3d3030278136%2fH%3dY29udGVudD0iR3JvdXBzO01lc3NlbmdlcjtNb2JpbGU7TWFpbDtCcmllZmNhc2U7WWFob29fU2VhcmNoX01hcmtldGluZztHZW9jaXRpZXM7RmxpY2tyO0NvbXBhbmlvbjtCb29rbWFyazsiIGRpc2FibGVzaHVmZmxpbmc9IjEiIHNlcnZlSWQ9IjY5YWIzNTQyLTQ1ZTgtMTFkZi1iZjRlLTMzNWI5ODg0MDE3NCIgc2l0ZUlkPSIyNzk2MDUxIiB0U3RtcD0iMTI3MTA0NTAzNTE5NjMzMCIg%2fQ%3d-1%2fS%3d1%2fJ%3d3B5EC442&U=13cq2rg6b%2fN%3dOpDYJmKImh4-%2fC%3d493064.13814537.13965224.10835568%2fD%3dMKP1%2fB%3d6042764%2fV%3d1>
________________________________


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests. <http://us.ard.yahoo.com/SIG=15ou5hfmk/M=493064.14012770.13963757.13298430/D=groups/S=1705329729:MKP1/Y=YAHOO/EXP=1271052235/L=69ab3542-45e8-11df-bf4e-335b98840174/B=O5DYJmKImh4-/J=1271045035203668/K=ktli3He1tO6EiO5s0gvXtw/A=6015306/R=0/SIG=11vlkvigg/*http://advision.webevents.yahoo.com/hobbiesandactivitieszone/>

<http://us.bc.yahoo.com/b?P=69ab3542-45e8-11df-bf4e-335b98840174&T=1d4cb0nrj%2fX%3d1271045035%2fE%3d1705329729%2fR%3dgroups%2fK%3d5%2fV%3d2.1%2fW%3dH%2fY%3dYAHOO%2fF%3d368840377%2fH%3dY29udGVudD0iR3JvdXBzO01lc3NlbmdlcjtNb2JpbGU7TWFpbDtCcmllZmNhc2U7WWFob29fU2VhcmNoX01hcmtldGluZztHZW9jaXRpZXM7RmxpY2tyO0NvbXBhbmlvbjtCb29rbWFyazsiIGRpc2FibGVzaHVmZmxpbmc9IjEiIHNlcnZlSWQ9IjY5YWIzNTQyLTQ1ZTgtMTFkZi1iZjRlLTMzNWI5ODg0MDE3NCIgc2l0ZUlkPSIyNzk2MDUxIiB0U3RtcD0iMTI3MTA0NTAzNTE5NjMzMCIg%2fQ%3d-1%2fS%3d1%2fJ%3d3B5EC442&U=13cqg8ka9%2fN%3dO5DYJmKImh4-%2fC%3d493064.14012770.13963757.13298430%2fD%3dMKP1%2fB%3d6015306%2fV%3d1>
Yahoo! Groups <http://groups.yahoo.com/;_ylc=X3oDMTJlNWEwZzVvBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzEwODM5MDc3BGdycHNwSWQDMTcwNTMyOTcyOQRzZWMDZnRyBHNsawNnZnAEc3RpbWUDMTI3MTA0NTAzNA-->
Switch to: Text-Only <mailto:kahmi_pro_network-traditional@yahoogroups.com?subject=Change Delivery Format: Traditional> , Daily Digest <mailto:kahmi_pro_network-digest@yahoogroups.com?subject=Email Delivery: Digest> • Unsubscribe <mailto:kahmi_pro_network-unsubscribe@yahoogroups.com?subject=Unsubscribe> • Terms of Use <http://docs.yahoo.com/info/terms/>
.
<http://geo.yahoo.com/serv?s=97359714/grpId=10839077/grpspId=1705329729/msgId=33709/stime=1271045034/nc1=3848640/nc2=3848583/nc3=5191953>

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar