Senin, 13 Februari 2012

[kisunda] Kutu Tongo Walang Tage

 

[Attachment(s) from Mang Kaby included below]

Ngobrol-ngobrol dengan Kang Yoyon di Ciptagelar dimana beliau sudah keliling-2 sampai ke daratan eropah dan beliau mendapatkan kedamaian di Kaki Gunung Halimun, ternyata banyak kearifan lokal yg bisa diserap diantaranya "kutu, tongo, walang, tage" ke empat kata tersebut merupakan mahluk yang diciptakan Tuhan Yang Maha Kuasa yang ukurannya relatif kecil dan rupanya atas kuasa-Nya pulalah mahluk-2 tersebut bisa hidup.

Oleh karenanya tidak ada alasan bagi manusia yg dikaruniai rahmat dan barokah berupa ke-5 panca indra, serta akal, pikiran, dan perasaan untuk berserah diri tanpa ada perlawanan dan perjuangan mencapai apa yg diinginkan dalam kehidupan. "Mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu peurih moal peurah, mun teu ngarah moal ngarih", kalau tidak berusaha tidak akan menghasilkan apapun karena there's no free lunch in the universe :).

Walopun demikian "rizki teu pahili-hili, bagja teu paala-ala" rezeki tidak akan tertukar, selain faktor usaha ada juga faktor luck/ hoki dan jaminan dari Yang Maha Kuasa, setiap mahluk hidup ada Rezeki-nya, ada HOKI-nya tinggal pandai-2nya lah kita mencari. Jangan kalah sama "Kutu, Tongo, Walang, & Tage".

Pun sapun kaluluhuran :).

__._,_.___

Attachment(s) from Mang Kaby

3 of 3 Photo(s)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar