Jumat, 26 November 2010

Jangan Membunuh Seekor Lalat Dengan Peluru Kendali

 

 

From: Heru Yuwono 

 

Persoalan bangsa dan negara Indonesia jauh lebih besar daripada sekedar gonjang-ganjing pileg, pilpres dan konstelasi yang menyertainya. Hingar-bingar pemberitaan mass-media tentang pemboikotan pemilu, kegagalan KPU, tarik-menarik koalisi antar parpol, pergumulan wacana capres-cawapres, dst; meskipun penting bagi bangsa dan negara Indonesia, tidaklah sepenting problematika bangsa Indonesia. Persoalan Indonesia jauh, jauh, jauh lebih besar daripada sekedar babaliyeut sejumlah orang yang merasa dirinya elit negeri - padahal sih kagak elit-elit amat, terbukti kagak pernah mampu menyelesaikan problem-problem mendasar bangsa Indonesia. Justru kehadiran orang-orang yg merasa dirinya elit, pemimpin banga dan public figur itu di kancah kebangsaan Indonesia lebih banyak menambah masalah daripada mengurangi masalah.

 

Jika cerdas, maka janganlah ikut-ikutan membunuh seekor lalat dengan peluru kendali.

 

Salam,

HY

 

 

 

__._,_.___

Recent Activity:

.

Image removed by sender.

__,_._,___

pemilu pemilu

From: Heru Yuwono 
Date: Sat, 11 Apr 2009 08:17:32 +0800 (SGT)

Pakde Gun,

 

Kalau gitu pemilu itu (baik pemilih maupun yang dipilih) adalah komunitas orang-orang gila yaw ha ha ha....karena hanya orang-orang gila saja yang setiap perbuatannya tidak perlu dipertanggungjawabk an.

 

Adapun kalau orang-orang waras, jangankan nyontreng, nyentang, nyoblos atawa memilih sesuatu atau seseorang, setiap tarikan nafasnya saja musti dipertanggungjawabk an...

 

Kata-kata "jangan hubungkan politik atau suatu tindakan tertentu di kehidupan dunia ini dengan agama", menurut saya adalah sekuler...jangankan berpolitik, lha wong buang hajat saja (maaf) adalah berada dalam kosmos agama, seperti juga bernafas, garuk-garuk karena gatal, atau sekedar melamun...setiap hal, meski sekecil apapun, ada kalkulasinya. ...

 

Memang, tidak perlu sih "mewajibkan" atau "mengharamkan" memilih atau tidak memilih...yang paling penting dan perlu disadari, kalau orang masih merasa dirinya waras, adalah tanggungjawab. ..setiap apa yang ia pilih haruslah didasarkan atas rasa tanggungjawab. ..

 

Salam,

HY

(maaf sy tdk bisa memperluas ke linkers, kelopas, alumni...cuma di "genksi" aja, krn email sy tdk bisa mengirim ke milis2 itu...kalau Pakde Gun berkenan, tolong diforwardkan, biar fair he he he...thank you)

 

 

 

Senin, 15 November 2010

Keunikan motor cb

Keunikan motor cb

 

Selamat sore semuanya, klo di jawa tengah ada merapi yng lagi meriang kalo di Bandung saya yg lagi meriang.

Mau berbagi sedikit keunikan motor cb, bagi yang sudah mengetahuinya mungkin bisa menambahkan atau mengkoreksi.

Pernah kita mengalami susah menetralkan perseneleng ke posisi N (netral) khususnya untuk motor kelas sport, terkadang mentok terus

Di gigi 1 atau terlewat posisi N nya sehingga loncat ke 2, karena untuk mendapatkan posisi N terkadang susah sepertinya perlu perasaan (mencongkel sedikit dg lembut).

Nah untuk motor cb (100/125) tips nya adalah dengan cara mentokin perseneleng sampai gigi terendah (gigi 1) dengan menginjak kedepan tentunya. Setelah mentok untuk mendapatkan posisi N lakukan gerakan menahan dengan kaki (ibu jari) kemudian lepaskan dengan cepat seolah olah seperti per (istilahnya saya dijepretkeun), nah saat perseneleng seperti per ini lah motor cb kita persenelengnya otomatis ke posisi N.

Pernah saya coba hal ini ke motor sport sekarang (motor yg ga pake karbu) ternyata tdk bisa. Oleh karenanya menurut saya inilah salah satu keunikan motor cb.  Silahkan dicoba ..

Bagi saudara2 yang menemukan keunikan lainnya bisa di share

 

Salam

 

Jumat, 12 November 2010

[Honda CB Indonesia] Share : membersihkan bagian mesin

punya s90 dulu di bengkel babeh deni di cipete liat mesin2 yang di bersihin wah bersih tanya punya tanya akhirnya doi kasih masukan pakai pembersih ac wah apaan yak itu dulu sih ngak kepikiran, kemaren kebetulan lg service ac di rumah lsg nanya ke tukang acnya dia lsg ngasih tau.

 

buat yang hobi bersih-bersih, pasti sadar kalau bagian mesin adalah area yang paling kotor Nah,.Apalagi kalo Anda termasuk cbmania metroseksual kaya kang yadi seleb CB wkwkwkwkwkw *kabur.

 

susahnya membersihkan bagian blok silinder masih dianggap hal menyebalkan. Karena posisinya ada di kolong ditambah kerak yang susah dihilangkan akibat kotoran yang menempel pada permukaan metal yang suhunya panas dingin.

 

kata tukang ac "Bersihkan nya pake feriklorit atau tukang servis AC atau biasa di sebut Chemical AC sebagai pembersih kisi-kisi AC".

 

Di toko bahan kimia, cairan ini harganya di kitaran 40 ribuan tergantung wilayah kalo selatan mahal2 dalam bentuk botol berukuran 1 liter.

 

pertama mencampurkan cairan fe­riklorit dengan air bersih dengan perbandingan 1:5 atau 100 ml feriklorit dilarutkan bersama 500 ml air.

 

"tapi kalo berlebihan, warna blok jadi pucat" di agama juga kan di sebut yang berlebihan ngak baek.

 

Kalau sudah dicampur, jangan langsung dioleskan pada permukaan blok. cuci dulu blok yang mau dipoles dengan air bersih dan sabun. Sampai sini, bersihkan bagian yang habis dicuci sampai kering.

 

Hal kedua  Olesi bagian yang diinginkan dengan ramuan yang sudah dibuat sejak awal. Kalo keluar busa pas ngoles berarti tuh cairan ferikloritnya original wkwkwkwkw  karena bahan dasarnya mengandung asam.

 

Ketiga setelah bagian  bersih, bilas dengan air bersih sampai sisa-sisa cairan pembersih AC itu hilang kalo masih sisa nanti di mesin suka ada putih2 gimana gituh *kalo soal sisa warna putih2 gimana coba tanya ke kang yadi *kabur. Untuk hasil yang maksimal, silakan ulangi langkah itu sekali lagi. Kalau mau makin cihuy, mau sekalian bling2 bukan hanya kesan bersih saja lsg ke toko bangunan beli batu hijau campur air gosok pake kertas Koran ampe cling2.

 

jangan lupa saat melakukan langkah-langkah pengerjaan di atas harus memakai sarung tangan sebab kalau kena tangan telanjang, bisa mengakibatkan gatal-gatal atau iritasi pada kulit tangan cairannya cukup keras.

Ya lumayan menghemat kalo ke tukang poles motor bisa kena lumayan,

Salam,

 

Chris AKA badagwae.

Kamis, 11 November 2010

[Honda CB Indonesia] Karburator

Hanya untuk share ajach nie pengalaman kemaren jalan ke sukabumi cianjur dr Jakarta kenceng udara lg dingin, abis ujan pas nyampe cibinong arah bogor tiba2 motor CG kehilangan tenaga mesin panas memang cuaca lg panas banged ternyata kasusnya keiritan setelah di sett lsg lancer ngak ada masalah setelah baca2  untuk masalah karbu :

 

Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.

 

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?

 

Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.

Makanya bisa diliat kalo bro ivan udah pake feeling mau kemana pake karbu apa di replace :D

 

Misal:

  1. Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
  2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
  3. Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
  4. Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
  5. Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b'pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.

Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:

Karbu pny 2 spuyer :

  1. Satu buah main jet yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
  2. Satu buah pilot jet yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.

Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

  1. Ukuran Venturi karbu
  2. Jarum skep
  3. Stelan angin
  4. Power jet.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

 

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?

Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. "Ngempos" adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. "Mberebet" adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus

Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :

  1. Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
  2. Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
  3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
  4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
  5. Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start

(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:

  1. Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu pas mau berhenti jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
  2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
  3. Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
  4. Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
  5. dll.


Salam,

Chris.

 

Rabu, 10 November 2010

Wayang - Lalakon Subali

Lalakon Subali

Carita Tilu Bagian

Ku Ki Jatnika

Hiji

DULUR jeung dulur adu jajaten. Adi jeung lanceuk naker wewesen. Itu teuneung, ieu ludeung der tarung anggeus-anggeusan. Karek pungkas upama salasaurang perlaya. Kasebut masih keneh aya sesa nyawa, cadu mungkur, haram ngejat, kajeun ngalungsar bari banusan, raga paturay jeung nyawa. Balukar leuweung salelewek Nagri Kiskenda, lir dicacar bolang. Tatangkalan bra-bru rarubuh, digarulung ku nu tarung...

Matak watir eusi leuweung, pirang-pirang jadi korban. Dalah sato bangsa maung, kerud, begu, atawa gajah, teu kurnag reana nu jadi korban. Bugangna bacacar di mana-mana. Aya nu katinggang tatangkalan, aya nu kababuk rurungkadan cadas. Kawantu rek kabur boro-boro kaburu, lantaran meh salegana alas, jadi lahan tutunggalan.

Najana papak kuda papasangan, munding sakti rarakitan, buhunan lanceuk, lila-lila Subali mimiti katingal unggul. Sababaraha kali Sugriwa kapalingan tampilingna. Kabongohan cabok lanceukna. Untungna teu ngalaman katurelengan. Pohoi naker kaler, kidul, kulon. Bubuhan duanana sarua terah Resi Gotama.

Sri Rama nu majar manusa titisan dewa, lambang kaadilan alam dunya, sakali ieu mah kudu ngalaman salah lengkah. Ponteng teuing ka nu koneng, ceueut teuing ka nu hideung, gampang-hampang mentang jamparing petingan, sasat ka jelama tanpa dosa. Malah henteu wawuh-wawuh acan. Abong raga-badagna tunggal manusa. Teu weleh keuna ku owah gingsir. Kudu bae ngalakonan laku salah.

Dalah Hyang Jagat Dewata, Hyang Guru Otipati, sakedapan ngaraos hemeng. Naha Sri Rama gampang pisan kapangaruhan. Kurang asak tinimbangan, kawas lain terah Wisnu. Namung, saparantos diaji deui, anjeunna sadar. Mahluk naon nu teu keuna ku robah. Dalah harkat dewa, teu mungguh. Buktina rea temen dewa-widadari, kapaksa nandangan hukuman. Diusir ti Kahyangan, diturunkeun harkatna, disaruakeun jeung manusa.

"Naha kalakuan Sri Rama kitu?" teu katingal kureunyungna, Hayng Narada Kabayan Dewa, terang-terang aya payuneun Dewa Guru.
"Nya eta tuh..." walerna.
"Naha bade diantep bae?"
"Ari tos kedah kumaha?"
"Nya matak naon urang harewosan, sugan Wisnu gancang sadar."
"Namung nasib-takdir Subali parantos aya seseratanana. Tamaha bongan sorangan ongkoh."
"Kitu onaman moal bade ngalalangkungan," Hyang Panji Narada amit mungkur. Leos ngantunkeun deui Karaton Jonggringsalaka.

Cukup ngabandungan caritaan Anoman, Sri Rama langsung yakin kana pilihan lakuna. Balukarna saha nu sanggup nadah kalinuhungan pakarang Wisnu: Subali pejah perlaya. Dadana katiuk jamparing lungsuran dewa.

Subali memang lain jelema sampurna. Warugana wae ampir bleg wanara. Awakna pinuh ku bulu. Nya kitu deui raray kagungan, monyet teu dipiceun sasieur. Ana sasauran tara kendat dibarung ku cekrah-cekroh. Tapi, saperti Anoman, iwal wujud warugana, Subali hiji manusa. Malah lian ti jadi raja, ngindung kana kasakten jeung sisifatanana, ku dewa dipaparin gelar Resi: Resi Subali.

Mun tea mah aya kakurang Subali, gurat batu teuas hate, sok dapon ngarasa bener. Sakalina boga tara beunang dihalang-halang. Kanjat disingsieunan harianeun. Ku naon kutan, jirimna manjing wanara. Bleg monyet meh teu dipiceun sasieur. Padahal meleg-meleg putra pandita, turunan widadari ti Kahyangan.

Caturkeun Resi Gotama, kagungn putra tilu, dua pameget, hiji deui si bungsu, kaleresan istri. Nu pameget nya eta Raden Guwarsa jeung Guwarsi. Ari nu istri dipaparin wasta Dewi Anjani. Kawantu tuang ibu, widadari lungsuran kadewatan, jenengan Dewi Indradi, nu pameget karasep si bungsu nu istri harianeun. Geulis beh ditueun geulis.

Raray ngempray tanding bulan, pakulitan sari gading, salira lenjang lampanyat, anak angkat kadia macan teu nangan. Dibarung keupat gondewa sapasang, asal anjeunna ngalangkung, hyang bayu teu pupuguh ngaharegung. Anehna taya angin sakalieun ngagilisir. Sepi!

Ngan naha atuh aya-aya bae. Sakali mangsa Maharesi Gotama kasumpingan dua putrana, Si Cikal sareng Panengah. Duanana sami mangadu, majar anjeunna ngawilah-wilah kanyaah. Ongkoh keneh-keneh getih-dagingna, putra tulen saibu sareng sarama, namung lebah mintonkeun kadeudeuh, tebih dina rasa adil. Maparin cocooan teh mung ka Anjani wungkul. Naha pedah anak bungsu sareng pangawak awewe? "Padahal boh Anjani, boh abdi duaan, keneh-keneh putra salira," cek Guwarsa.

"Leres" rikat diengklokan ku raina, Raden Guwarsi.
"Ke heula, aya naon ieu teh sabenerna, Ama ngarasa bingung nataku," waler Sang Resi. "Geus mere cocooan naon Ama ka Anjani?" saurna deui, raos panasaran inya.
"Karah ti saha atuh Anjani gaduh cocooan sakitu aheng-saktina. Wujudna cupu juru dalapan, upami tutupna dibuka, kaayaan Sawargaloka awas katingal sagala rupana."
"Baruk cupu?" Resi Gotama, malik naros. "Cik, Anjani sina ka dieu!"

Teu ngantos mindo dawuh, Raden Guwarsa rikat neang ingkang rai. Teu lami Dewi Anjani katingal sumping kairing tuang raka.

"Cik Ama ngilikan. Siga kumaha cupu, nu majar aheng jeung sakti teh?"

Najan emut kana wawadi tuang ibu, omat ulah nepi ka apaleun batur, ingkang rama harianeun, Dewi Anjani teu tiasa baha. Cupu sakti kapaksa dipasihkeun ka ramana. Ku Maharesi lajeng ditengetan, sakantenan dipariksa lebetna. Tetela omongan Guwarsa jeung Guwarsi teu salah.

Kantenan anjeunna ngaraos hemeng, naha Anjani gaduh cocooan sakieu anehna. Mana komo saparantos sidik, saha nu kagungan eta cupu. Wiku luhung resi sakti, pandita beunghar panalar, cadu kapalingan tingal. Cupu manik astagina, barang kaulinan urang Sawarga. Moal aya deui nu boga, iwal Batara Surya. Ngan naon sababna, aya di Anjani!

"Ieu cupu lain boga Ama jeung lain pamere Ama," saur Resi Gotama, bangun nu nahan bebendu. "Bisi hideng hayang terang, cik geroan indung hidep!"
giliran Guwersi rikat nohonan pamundut ramana. Teu mangkuk sabaraha lami, sumping deui ngiringkeun ibuna. Srog Dewi Indradi marek ka payuneun carogena. Cong nyanggakeun sembah sujud. Namung, boro-boro ditampi.

"Maneh nu mere cupu ka Anjani?" basana kasar garihal.

Dewi Indradi mung wasa unggeuk.

"Ti saha maneh meunang ieu cupu?"

Sakali ieu mah Indradi milih ngeluk jeung ngabetem. Kawantu upami anjeunna terus terang, pisakumahaeun teuing benduna Resi Gotama. Sajabi ti eta anjeunna yakin, carogena parantos langkung ti payun uninga. Kasebut resi sakti, wiku luhung, bagawan beunghar panalar, sageuy nu kitu-kitu bae teu terang.

Eta cupu memang paparin Batara Surya. Minangka tawis katineung, ka jalmi nu dipikacinta. Sanaos parantos misah dunya, bibit asih surya ka Indradi, nya kitu deui sabalikna, teu pegat-pegat. Malih beh dieu-beh dieu, nemen maling-maling wanci, utamina pareng Resi Gotama nuju aya di panyepenan. Tegesna, duanana sering ngalakukeun salingkuh, raraga nyambungkeun deui tali asih, jaman di Sawargaloka.

Sababaraha kali ditaros deui, Indradi keukeuh henteu ngawaler. Ngeluk tumungkul ngabigeu. Lami-lami Resi Gotama ngaraos jengkel, kalayan teu sadar, pok anjeunna sasauran. "Ditanya ku salaki teh lain gancang-gancang ngajawab. Kalah ngajejentul badis arca!"

Kasauran jalmi suci, persis supata dewata. Sakalina kedal lisan, bakal aya akibatna. Babasanna nginang durung abang, ciduh ragrag kana lemah, tacan garing-garing acan, hiuk angin luluwukan, disusul sora dar-der-dor. Sakedap alam dunya poek mongkleng. Barang bray deui caang, ical waruga Dewi Indradi gentos janten arca batu. Atuh jerit Dewi Anjani nangis midangdam. Pon kitu deui Guwarsa sareng Guwarsi. Tiluanana raos hanjakal, nyaksian nasib tuang ibu.

"Da ieu gara-garana!" amarah Resi Gotama teu acan suda.

Teu talangke deui, cupu manik astagina kagungan Hyang Batara Surya, belewer... ku anjeunna dialungkeun. Kawantu dibarung amarah rongkah, cupu melesar ka jomantara, memeh ngalayang ka beulah kidul.

Duka di mana teuing piragrageunana.

***

Dua

NINGAL cupu dialungkeun, teu beunang diulah-ulah, teu bisa dihalang-halang, rai-raka balap paheula-heula ngudag. Cupu ragrag di hiji tempat. Les... ngaleungit. Gantina aya talaga. Eta talaga engkena, kasohor Talaga Sumala. Caina canembrang herang, nepi ka beunang dipake eunteung. Sisi-sisina beresih, siga pangojayan widadari.

Bubuhan lengkah lalaki, nya ka dinya Guwarsa jeung Guwarsi ti payun dugi. Duanana langsung teg, cupu manik moal ka mana ragragna. Pasti ka jero eta talaga. Matak harita keneh, paheula-heula ngagujubar, niat milarian cupu.

Ari Dewi Anjani, kawantu awak awewe, lumpat teu pati tarik. Sumpingna ka sisi talaga, sapengkereun raka-rakana. Malah barang anjeunna dugi, pas pisan sareng mucunghulna Guwarsa sareng Guwarsi, tina beungeut cai. Namung, rupi sareng warugana parantos robih. Salirana, ti kawit sampean dugi ka mastaka, pinuh ku bulu. Duanana bleg monyet raksasa. Dumeh buluna henteu kawas monyet biasa. Ieu mah bodas beresih sareng lemes.

"Iy, aya monyet!" cek Guwarsa.
"Puguh maneh monyet!" tembal Guwarsi, raos aneh soanten nu kapireng, peresis soanten tuang raka.
"Maneh monyet!"
"Maneh monyet!"

Kitu jeung kitu bae.

"Naha aya monyet bisa ngomong, sarta sorana siga sora adi kula, Guwarsi," Raden Guwarsa ngawitan hariwang. Boa-boa adi aing jadi monyet, gerentesna. Ngan naha manehna ka aing nuding monyet? Boa-boa...
"Aduh urang teh tiwas Kakang...," ahirna Guwarsi ti payun sadar.

Upama Guwarsa sareng Guwarsi, sagala rupana peresis monyet, Dewi Anjani mah, semet buluan dina rarayna. Margi henteu ngiring ancrub ka jero talaga. Pangna rarayna pinuh ku bulu, tadina lantaran ngaraos panas liwat saking, anjeunna ngumbah pameunteuna. Barang ningali kana kalangkang, segruk bae nangis, mani eurih-euriheun.

Tungtungna tiluan paungku-ungku, nyeungceurikan kadar awak, takdir diri. Kulak canggeum, gurat kodrat. Ti dinya marulih deui ka patapan, seja ngumaha ka ingkang rama. Utamina mundut pangampura, rehing tos midamel laku nirca, teu nurut kana kasauranana.

"Nyaah tinggal nyaah, tapi Ama teu bisa nulungan, sabab sagala rupa kajadian, kersaning Mahadewata. Ayeuna mah urang sanggakeun deui ka Anjeunna. Sugan masih keneh nyadiakeun pangampura. Minangka pameulina, hidep tiluan kudu tatapa. Guwarsa tatapana niron-niron laku kalong, ngagantung suku ka luhur, dina tatangkalan. Dahar nginum gumantung kahadean angin. Ari Guwarsi kudu nurutan laku kidnag, leumpang kakarandangan. Nu geulis Anjani, wayahna jadi bangkong, ngambang ditaranjang luhureun walungan. Bral... geura miang, dibarengan du'a Ama."
"Kumaha ari nasib Kangjeng Ibu?" cek Guwarsa.
"Saperti hidep, ayeuna keur nandang hukuman. Kersaning dewa babal tetep jadi arca. Tapi, teu kudu hariwang, dina waktuna bakal mulang deui saasalna."

Welas asih puluh taun, nu tatapa teu burung dihampura sagala dosana. Guwarsa sareng Guwarsi dipaparin pirang-pirang kagagahan. Jenenganana gentos janten Subali jeung Sugriwa. Ari Dewi Anjani, sabada ngagelarkeun Anoman, dicandak ibuna, Dewi Indradi ka Sawarga.

Di antara nu tilu, Subali resep pisan tatapa. Moho ngelmu jeung guguru. Wiku agung, resi wacis, kajeun ayana di tungtung langit, ku manehna pasti diudag. Puguhing ngadin nyepi mujasmedi. Meh taya kendatna. Buahna Dewa Syiwa kalepasan ragrag ucap, mere kasakten pinunjul. Tanaga rongkah rohaka, kulit beusi, tulang waja, cadu teurak ku pakarang, iwal gegaman kagungan Wisnu. Unggal awak usik, ana dibarung amarah, alam dunya sabudeureunana, lir kadatangan angin puyuh indungna.

Tatangkalan rarungkadan, gunung runtuh, sagara ngadadak saat. Kilat tatit katut gelap, milih buru-buru taraluk-aranut, lantaran mindeng nyaksian, kumaha gagah rohakana Prabu Subali. Batan milu kabaleberan amarahna, leuwih hade ti heula serah bongkokan.

Sakali mangsa, Rahwana Dasamuka, si beungeut sapuluh, ngalaman teu walakaya, pilakadar dibeulit buntutna. Cacak teu buru-buru menta ampun, awakna pasti ajur-lebur. Boa jadi cai. Padahal saha nu bireuk ka Dasamuka? Kagagahanana pilih tanding, lir jelema sakti sapuluh urang ngahiji. Lahir mangrupa guruntulan getih, barang ditapaan bapana, Resi Sumali, jleng jadi raja-rajaning raksesa.

Harita Hyang Dewagung langsung misaur, ieu budak bakal jadi ulon-ulon kahajatan. Sungutna pinuh ku seuneu amarah. Hatena kebek ku napsu sarakah. Jelema kitu, Rahwana teu bisa meta. Lian ti ngaku taluk, teu era ku jugrug-wujud, balilihan jayang diaku murid.

Nya ti Subali, Rahwana boga Aji Pancasona. Watekna kena lara, ning ora kena pati. Salila alam dunya ngadeg, manehna moal paeh-paeh. Saterusna jadi euwah-euwah pangeusi marcapada. Geus jadi Raja Alengka komo. Sifat sarakah, bengis, jahat, jeung culika, beuki ngulit ngulit beuki ngadaging. Ngajajah nagara jadi kalangenana. Puguhing ngumpulkeun putri raja atawa resi.

Teu cukup ku sakitu, dalah Kahyangan Jongringsalaka, ku manehna kungsi diunggahan. Karepna dijieun patalukan. Untung kaburu kabengbat ku widadari, nu ngahaja dieupankeun.

Balik kana kapinjulan Subali. Gunung jangkung, samudra lega, ku cukup diluncatan sakali. Pantes upami eusi dunya sami gigis. Sato galak bangsa maung, rikat ingkah ngajauhan, karek ngadenge ngaranna. Dalah Dewa Yamadipati palias wani adu hareupan. Boa kajeun dirorod tina kalungguhan, batan kudu nyabut nyawana. Turug-turug samemeh kaolo ku Rahwana, ku dewa dipaparin Aji Pancasona tea.

Subali jadi raja di Kiskenda. Manehna boga adi, ngaranna Sugriwa. Pamuluna lir purnama kembar. Cacak wanara, pohara kasepna. Buluna bodas-beresih, lemes sari herang, lir sutra wedalan kadewatan. Lebah kasaktenna meh sarua papakna. Ngan Subali tanagana leuwih rongkah. Sajaba ti eta ngagem Aji Sakti Pancasona.

Adi jeung lanceuk runtut-raut kadia gula jeung amisna, kembag jeung seungitna. Ka mana-mana tara papisah. Di mana aya Subali, di dinya Sugriwa aya. Susah silihtulungan. Bungah silihrasakeun. Rejeki gede diparokeun, leutik silih eledan. Dalah Nagara Kiskend, karep Subali rek dibagi dua. Sabeulah keur manehna, sabeulah deui keur adina.

Orokaya Sugriwa keukeuh nolak. Alesanana asa kurang hade, aya nagara dibeulah-beulah. Manasina kebon atawa huma. Loba temen kajadian, gara-gara parebut komara, kalepasan jadi bengkah. Utamana upama maranehna geus euweuh. Teu mustahil anak-anakna, kagoda ku kakawasaan. Balukarna dulur jeung dulur sasatruan.

Antukna duanana sapuk, Nagara Kiskenda urang bareng kokolakeun. Subali minangka rajana, luyu reujeung sesebutan: lanceuk. Sugriwa jadi wawakil, ngarangkep panglima perang.

Munding rarakitan, kuda papasangan, raja mendi nu wani pacengkad jeung Kiskenda. Buahna rahayat Kiskenda, hirup ngahenang-ngahening. Sepi paling, towong rampog, aman dibarung raharja. Munasabah upama nagara Kiskenda dianggap sawarga dunya. Urnag mana urang mendi, loba nu ngadon bubuara. Malah teu saeutik, nu antukna, milih jadi warga nagara Kiskenda.

Ngan naha atuh, sakali mangsa, teuing ti mana asal-usulna, Nagara Kiskenda kadatangan raja buta, ngaranna Prabu Maesasura. Gibrah-gibrah, awak jangkung papak mega, dada ngampar, sungut ranggeteng ku sihung. Panon bolotot sagede-gede terong. Saban molotot bijil seuneu nguntab-nguntab. Anak nyarita sorana lir ampar-amparan. Sarengkak-saparipolahna pikagilaeun.

Maesasura celak-celuk ti jauhna, nangtang ijen Raja Kiskenda. Sora tarik handaruan, cacap peuting moal salah, matak ragragan bentang. Da eta wae Hyang Batara Surya, nu kongas leber jajaten, ngalaman reuwas pohara. Ngan henteu bae birat lumpat, nyumput satukangeun mega.

Basana teh, "Aing hayang ngayakinkeun beja, majar Si Subali diwaris pirang-pirang kagagahan ku dewata!" sidik nangtang ka raja Kiskenda.

Panangtang Prabu Maesasura kadangu langsung ku Prabu Subali. Lakadalah..., gerentesna. Aing heubeul henteu ngambeu hanyir getih, kari-kari aya nu datang nganteuran. Subali bungah pohara. Lir nu lapar dianteuran kejo, hanaang diasongan cai. Harita ngadangu, harita keneh age-age bijil ti lebet karaton. Panon teu eleh burahay, molotot ka lebah datangna sora.

***

Tilu 

BAGJA tinemen, cenah, barang mireungeuh waruga lawan. Jirim jisimna ngajungkiring badis pasir. Asa-asa rada tanding. Sugan moal sageprakeun teuing. Jangkung badag, dada ngampar, ilaharna raja buta.

Ki Tatamu rikat dibageakeun. Mun kendang tea mah, haget seja diibingan. Teu masang kuda-kuda, cukup ku ngabadega, mintonkeun dadana nu teu eleh rubak. Tapi, can ge der, ku anjeunna jol kadangu:

"Naha manyunan nu kitu-kitu bae kedah ku salira," cek Sugriwa, duka teuing ti mana jolna. "Mending sanggakeun ka rai."
"His, nangtangna oge langsung ka Akang. Ki Adi mah mending ngalalajoan," cenah.

Pudigdig awakna ngagedean, ampir parok jeung musuhna. Jangkung duwur tanding gunung. Dada ngampar kawas cadas. Sepirna pating berehil, tanda tanaga kagungan, rongkah-raksasa.

Mokaha Raksesa Maesasura rada ngajenghok. Aneh nempo awak lawanna bisa ngagedean. Tapi, aya alusna, cenah. Aing moal pati hese newakna. Talunganan angger leutik, sok gampang babalicetan, cenah deui, cek jero hatena.

Sanajan ampir sarua raksesana, Subali gelutna leuwih kesit. Sajaba ti eta, sakumaha jangji dewa, singsaha nu adu hareupan jeung Subali, saparo tanagana bakal pindah ka musuhna. Balukarna kakuatan Maesasura jadi ngurangan satengahna. Sabalikna tanaga Subali jadi lipet-tikel.

Lila-lila sidik, Maesasura mimiti kariripuhan. Ngarasa bakal kasoran, gelutna undur-unduran. Tungtungna kabur mabus ka jero guha. Laju ku Subali disusul. Pleng...ampir sataun teu muncul-muncul. Estuning matak kesel jeung melang, sapangeusi Nagri Kiskenda. Utamana urang karaton.

Sababaraha kali Sugriwa ngagerentes niat nyusul, inggis lanceukna kacanir bangban, bisi butuh bala bantuan. Ning, unggal rek jung, unggal inget kana wawadina. Cicing tong pipilueun, anggur tungguan karaton, bisi kudu rada lila, lantaran Maesasuwa perangna licik.

Tepung taun dengdeng ngempleng. Taun kadua nya kitu keneh. Boa-boa kilang bara. Teu beuki hariwang teuing. Ngindung kana kasauran dewa, teu aya elmu panungtung. Gagah bakal aya nu ngagagahan deui. Sakti aya nu deui nu leuwih sakti. Paribasa luhureun langit aya keneh langit. Lanceuk aing perangna ninggang diapes. Eleh jajaten ku Raja Buta Maesasura.

Nuju bingung reujeung sabil, rayat Kiskenda ribut, margi tina lawang guha, tempat Subali jeung Sugriwa emut, dalah warugana wanara, Subali kacida dipikaasihna ku dewa. Gelar satria sajati, raja agung pinandita. Malih diparin gelar resi. Raja kalungguhanana, pinandita sisipatanana.

Salahsahiji cirina, getihna beda ti mahluk biasa. Henteu beureum, tapi bodas, ciciren jalma suci, disaharkatkeun jeung dewa.

"Ana kitu...," Sugriwa nyaur lebeting ati, "boh Buta Maesasura, boh Kang Raka Prabu Subali, sarua ninggang diapes. Duanana ngababatang. Eta getih beureum, pasti getih musuhna. Ari eta anu bodas, moal salah getih lanceuk kaula."

Padahal warna beureum campur bodas teh, getih Maesasura nu bencar sirahna, teuing dikumahakeun ku Subali. Moal teu kacampuran warna bodas, sabab polona nepi ka muncrat. Pangna lami teu bijil-bijil, kusabab gelutna kapapanjangan, Subali raos cape pohara. Sampeana, panangan, katut bagean salira lianna, asa deuk lalocotan. Matak sanggeus sirah musuhna bencar, teu buru-buru kaluar ti jero guha. Ngagoler heula niat ngareureuhkeun kacape. Nepi ka reupna sare tibra. Ku tibra-tibrana nu kulem, nepi ka mimingguan bubulanan.

Badanten sareng para ponggawa, antukna sarerea rempug, babatang Raja Kiskenda, urang sakantenan ruang. Guha tempat ijen tutunggalan, minangka kuburanana. Diluluguan ku Anoman putra Anjani, alona Subali jeung Sugriwa, lajeng ngeprak wadyabalad wanara, geusan nutupan liang guha. Kawantu jumlahna pirang-pirang, sakedet lawang guha laput katutupan batu.

Caturkeun sakitu poe ti harita, gurinjal Subali hudang tina sarena. Luak-lieuk ningali ka sakurilingna. Naha jero guha asa poek-poek teuing. Ana dipapay singhoreng lawangna geus diurugan. Kurang ajar. Gawe saha? Moal salah niat culika ka aing.

Dsara rada ngulit bawang, awakna langsung ngageter. Heat... urugan taneuh ditajong jeung dicakaran. Teu kungsi lila katembong gorowong deui. Barang bijil, gidig muru karaton, hayang geura nanyakeun ka adina. Saha nu boga dosana, wani-wani ngurugan lawang guha.

Ari Sugriwa piraku bohong, manehna ngaku terus terang, bari pok deui-pok deui nyebutkeun, paralun niat nyialakakeun dulur. Diurugan soteh itung-itung dipulasara, lantaran nganggap Subali jeung musuhna sarua ninggang diapes.

Keukeuh nu nolak, keukeuh nu nuding. Tungtungna pasea ragot. Turug-turug lalaki mendi nu teu amarah, boga pamajikan dikawin batur, sanajan ku adi teges. Dewi Tara, istri geulis terah widadari, hadiah Subali ti dewa, geus jadi milik Sugriwa.

Der... adu jajaten. Nu hiji teu kuat nahan amarah, lantaran asa diteungteuinganan. Nu hiji deui seja bela diri, batan jadi korban tambuh, sabisa-bisa ngalawan. Sanajan dina prungna, Sugriwa mindeng kariripuhan. Sababaraha kali manehna kabeunangan, dicakar jeung dibalangkeun. Malah lila-lila sira rek serah bongkokan. Nyanggakeun awak sakujur, rek dibeureum rek dihireung. Bawaning geus taya untupan deui ngalawan.

Nya harita, meujeuhna Sugriwa deuk anggeusan, beuheungna puguh diranggeum, awakna geus teu bisa usik, aya cahaya melesat muru dada Subali. Jeprot... Cakrawijaksana gegaman Sri Rama, niruk kana jajantungna.

Dasar Subali jelema sakti, katibanan pakarang lungsuran dewa, henteu buru maot. Bari ngarasakeun kanyeri, panonna mundelik, hayang apal saha nu boga dosana. Ana breh... geuning satria sakitu kasepna. Nilik kana rupa jeung pamuluna, asa teu pantes galakukeun gawe nirca.

Wawuh ge henteu. Panggih ge acan. Paralun apal ngaranna. Naha naon dosa aing ka manehna...

Sanajan henteu pok kedal, tina burileng panonna, Sri Rama kantenan uninga, kana eusi hate Subali. Matak lajeng anjeunna nyatakeun, sarta pok ti patun sasauran.

"Kula Sri Rama, Putra Raja Ayodyapala, Prabu Dasarata aji."
"Kuring mindeng ngadenge ngaran anjeun. Tapi, antara gambaran jeung bukti hareupeun, asa tojaiah pisan. Nu mindeng kadenge ku kuring ngeunaan Sri Rama, satria titisan Wisnu, welas adil ka sasama. Tapi naha nu kaalaman ayeuna, lakuna teu munasabah."
"Kula sorangan teu apal, naha kalakuan kula teh bener atawa salah. Mun tea mah kula salah, muga-muga sampean nyesakeun keneh pangampura ka kula. Sajaba ti eta dewa nyadiakeun pangmulya-mulyana tempat di alam kadewatan keur sampean. Sabab ieu kajadian teh, pasti bagian tina takdir dewagung. Najan sareatna kula hayang nulungan adi sampean, nya eta Sugriwa nu keur katideresa."
"Naha asa gagabah teuing?"
"Gagabah soteh ceuk urang. Tapi, naon kajadian nu lesot tina kersana Hyang Bataragung? Saperti nu diomongkeun tadi, kula teu rek ngaku kula bener. Bisa jadi malah panggede-gedena dosa kula. Ngan saha nu bisa nolak kersa Dewagung?"
"Nya atuh teu hade kapapanjangan, lantaran geus kajadian. Sanajan beurat nataku, kuring rek narima kana takdir," cek Subali miceun renghap panganggeusan.

***

http://majalah-mangle.com/rubrik.php?mod=detail&id=171

 

Selasa, 09 November 2010

Melanjutkan obrolan : Cat motor CB biru (125 vs 100)

 

ada mas..... cuman catnya (menurut saya) ngak sesuai dengan yang namanya aquarius blue.
model itu CB100K0.
gambar brosurnya bisa dilihat disini mas (tapi ini yang warna merah)
http://www.formichino.com/honda_cb100_super_sport_k0/16_Original-Ad-cb100.jpg

 

Melanjutkan obrolan : Cat motor CB biru (125 vs 100)

selamat pagi semua brother...
selamat pagi kang II
saya belum bisa memastikan gambar fotonya mas, seperti yang sudah2 saya bilang kalau mata kita ini sering menipu.
kalau menurut saya berdasarkan gambar foto ngak ada yang aquarius blue (mohon maaf buat yang punya motor, bukan menjatuhkan).

mas II bisa bandingkan dengan gambar ini:
http://classic-motorbikes.net/images/gallery/9822.jpg

cari yg ada namanya cb125, itu yg warnanya aquarius blue.
kalau mau lebih deket bisa dilihat gambar tutup aki cg yang ini kang (yang saya dapat dari mas wyisnu) :
http://www.motosantigas.com.br/pecas/honda/tampa%20lateral%20E%20azul%20cg125.jpg

maaf saya hanya kasih link karena gambarnya gede, takut memberatkan koneksi

  

 

Senin, 08 November 2010

Alasan Mengapa Celana Jeans Ada Kantong Kecilnya

 

Alasan Mengapa Celana Jeans Ada Kantong Kecilnya

 

 

Jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia tahun 1560-an. Jeans biasa dipakai oleh angkatan laut. Celana yang biasa disebuat orang Perancis dengan “bleu de Génes“, yang berarti biru Genoa ini, meski pertama kali diproduksi dan dipakai di Eropa, tetapi sebagai fashion, jeans dipopulerkan di AS oleh Levi Strauss, pria yang mencoba mencari nasib baik ke San Francisco sebagai pedagang pakaian. Ketika itu, AS sedang dilanda demam emas.trans Alasan Mengapa Celana Jeans Ada Kantong Kecilnya

Akan tetapi, sampai di California semua barangnya habis terjual, kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Kain ini dipotongnya dan dibuatnya menjadi beberapa celana dan dijual kepada para pekerja tambang emas. Ternyata mereka menyukainya karena tahan lama dan tak mudah koyak. Kemudian Strauss menyempurnakan jeansnya dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut “Genes”, yang oleh Strauss diubah menjadi “Blue Jeans“.

Akhirnya karena para penambang sangat menyukai jeans buatannya ini, mereka menobatkan celana ini sebagai celana resmi mereka. Para penambang emas itu menyebut celana Strauss dengan sebutan “those pants of Levi`s” atau “Celana Si Levi”. Sebutan inilah yang mengawali merek dagang pertama celana jeans pertama di dunia.
Naluri bisnis Strauss yang tajam membuatnya mengajak pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerja sama, dan pada tahun 1880 kerja sama itu melahirkan pabrik celana jeans pertama. Dan produk desain mereka yang pertama adalah “Levi’s 501“.
Alasannya:

Produk desain pertama memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan.
Karena diperuntukkan bagi para penambang, saku ini tentu bukan untuk bergaya-ria. Tetapi saku imut-imut ini dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Meski kini jeans diproduksi dalam berbagai merek dan bukan hanya untuk para penambang, tetapi saku imut-imut itu masih tetap ada. Tentu saja sekarang fungsinya sekarang tidak lagi digunakan sebagai tempat menyimpan butiran emas.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5834992

 

[Honda CB Indonesia] CAT MOTOR CB

Stau saya CB125 sama CB 100 beda mas,walaupun sama2 biru,untuk referensi cat saya kasi link referensinya buat restorasi,stau saya ini sangat akurat.coba di cek.
http://www.marblesmotors.com/partsforsalePaint.htm

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

__,_._,___

WARNA CAT CB GELATIK

 

dilema emang ya masalah striping ini dari cat atau stiker dr dulu.
info yang saya terima dari orang hondanya sih her beliau yang orang dalam honda dan pada jamannya di sebagai QC honda...
tapi gak tahu mana yang bener.....
diskusi/tuker pikiran ya her (kaya sama mas wysnu). kalau saya hanya main dilogika saja, hanya untuk stripping butuh 3 kali pengerjaan kalau menurut saya sih boros dijam kerja dan jatuhnya costnya pasti tinggi, ini yang pasti dihindari untuk produk massal.
tapi ngak tahu juga apa karena ini K2 hanya bertahan setahun bisa jadi juga kan? hihihihi

untuk cat sekalian aja kasih kodenya biar gampang ya:
untuk K2 merah hitam:
code    no     desc
R-2      C      Scarlet
NH-1   B      Black
            XL    Ivory White

k2 biru hitam:
code    no     desc
PB-52           Aquarius Blue
NH-1   B      Black
            XL    Ivory White

 

from milist ccc

 

__,_._,___

Minggu, 07 November 2010

Tokoh - RAA Wiranatakusumah

R.A.A Wiranatakusumah "Raja Sunda" Terakhir

Image removed by sender.

Pengantar Redaksi
Dalam rangka menyambut peringatan dua abad Bandung, Harian Umum Pikiran Rakyat akan mengangkat tokoh-tokoh yang berjasa kepada kota kembang ini, juga peristiwa-peristiwa besar selama dua ratus tahun Bandung berdiri. Kali ini diawali dengan serangkaian tulisan tentang R.A.A. Wiranatakusumah V, salah seorang bupati yang banyak berjasa bagi kemajuan Bandung. Wiranatakusumah lahir pada 1888 dan wafat pada 22 Januari 1965. Selamat membaca.

"Tuan-tuan, meskipun perhimpunan kita baru bekerja tiga tahun lamanya, tetapi boleh dikatakan bahwa telah banyak diperolehkannya. Banyaknya lid-lid kita sekarang kurang lebih 6.000, 'orgaan' kita mempunyai 'oplaag' 6.500, 'begrooting' kita sekarang sudah sebanyak lebih dari ƒ30.000. Dalam tahun ini tambah 'afdeelingen' baru, menjadi jumlah 'afdeelingen' yang sudah ada 73 di Jawa dan Madura, 7 di Sumatera, dan 1 di Borneo, jumlah 81 'afdeelingen'."

Kutipan di atas adalah bagian dari pidato pengantar R.A.A Wiranatakusumah dalam pertemuan tahunan Perhimpunan Pegawai Bestuur Pribumi (PPBB) di Jakarta, 8-11 Oktober 1932. Catatan itu menunjukkan capaian luar biasa PPBB dalam tiga tahun masa kerjanya. Selain anggota yang berjumlah enam ribu, pegawai seluruh Hindia Belanda itu disambungkan dengan majalah bulanan Pemimpin yang oplahnya mencapai 6.500 eksemplar. Tahun 1932 juga ditandai dengan bertambahnya delapan kabupaten baru, dari 73 menjadi 81 kabupaten. 

Jika saat itu sudah ada lembaga survei, dengan jabatan sebagai Ketua Umum PPBB, Wiranatakusumah boleh disebut sebagai tokoh pribumi paling berpengaruh di seluruh Hindia Belanda. PPBB ini murni aspirasi yang lahir dari rasa nasionalisme para priayi. Wiranatakusumah menginisiasi lembaga tersebut melalui sejumlah pertemuan Prijaji Bond. Sejak lembaga itu didirikan pada 1929, ia menjadi voorzitter hoofd bestuur (ketua umum) hingga 1935, didampingi sekretaris kepercayaannya Soetardjo Kartohadikoesoemo.

Pada pertemuan tahun 1932 tersebut, PPBB membahas peningkatan pendidikan bagi para pegawai dan akselerasi pembangunan desa. Pendidikan pegawai dibutuhkan karena aturan administrasi mengharuskan adanya laporan tertulis, sementara masih banyak pegawai yang buta huruf. Dalam bahasan pembangunan desa bahkan terlontar wacana otonomi desa. Hal itu muncul karena banyak aturan yang dianggap tumpang-tindih dengan kebutuhan desa, misalnya soal gaji kepala desa. Tanpa menafikan realitas adanya penjajahan Belanda, Wiranatakusumah memimpin PPBB agar semua pegawai melakukan yang terbaik bagi rakyat.

Kepemimpinannya diakui oleh para anggota PPBB. Di akhir pertemuan tahunan itu, peserta bernama Soemadi menyatakan, "… atas nama afgevaardigden (anggota) saya mengaturkan banyak terima kasih atas pendidikan Tuan Voorzitter, yang sudah menuntun ini vergadering (pertemuan) sampai mendapat resultaat (hasil) yang menyenangkan kepada semua. Saya minta kepada afgevaardigden menyerukan tiga kali" Hiduplah Wiranatakusuma!"
   
Nasionalis sejati

Tak diragukan, Wiranatakusumah adalah seorang nasionalis. Seperti dinyatakannya dalam Pandji Poestaka (1931), "… Saya selalu melawan peraturan yang menurut pendapat saya tak baik bagi rakyat saya, meskipun hal itu akan menyebabkan saya terpecat dari jabatan saya. Saya seorang nasionalis dan hal itu harus saya tunjukkan. Orang takkan dapat memaksa saya menghambat atau melawan pergerakan bumiputra yang baik."

Dalam kebijakan majalah Pemimpin misalnya, sebagai penanggung jawab ia menunjukkan nasionalisme itu lewat penggunaan bahasa Melayu. Selama kepemimpinan Wiranatakusumah, jarang sekali ditemui artikel atau tulisan berbahasa Belanda. Begitu pula pemberitaan lebih banyak mengangkat isu-isu lokal, yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan pembacanya. Hal yang berbeda sekali tampak ketika ia berhenti mengelola majalah ini, sekalipun awak redaksinya tetap. Pemimpin Edisi Nomor 12, Juni 1935, saat ia mulai berhenti, langsung berubah kebijakan. Majalah tersebut mulai banyak memuat berita-berita asing dan foto-foto artis. Bahkan, ada halaman khusus berbahasa Belanda (Hollads Pagina). 

Di luar kedudukannya sebagai bupati dan pengurus PPBB, Wiranatakusumah banyak bergaul dengan tokoh-tokoh pergerakan nasional. Ia tak segan-segan membantu dan menyantuni kehidupan anak-anak muda yang potensial, seperti terhadap Soekarno yang pada 1920-an sedang kuliah di THS Bandung. Wiranatakusumah melihat pemuda Soekarno mempunyai bakat kepemimpinan yang kuat. Di antara dua tokoh ini lalu terjalin hubungan yang dekat. Wiranatakusumah misalnya menjadi saksi perkawinan Soekarno dengan Inggit Garnasih.

Pada 1925, menjelang Soekarno lulus THS, Wiranatakusumah memesan rancangan Masjid Agung Bandung yang akan dipugar. Didampingi mentornya Prof. Schoemaker, Soekarno merampungkan rancangan masjid yang akan diberi nama Quwwatul Islam itu. Sayang, karena berbagai halangan, mesjid itu urung menggunakan rancangan yang megah tersebut.

Begitu pula saat ia diminta jadi Wali Negara Pasundan. Ia bersedia menduduki jabatan itu atas nama kepentingan Republik Indonesia. Ia bisa saja menolak karena waktu itu ia menjabat Ketua DPA dan Penasihat Menteri Dalam Negeri RI yang berkedudukan di Yogyakarta. Namun, kecintaannya pada rakyat Sunda, membuatnya luluh. Apalagi Presiden Soekarno menyatakan, "Langkung sae Akang bae tibatan urang NICA anu jadi." Tercatat dalam sejarah, Wiranatakusumahlah yang pertama kali bergabung kembali dengan NKRI setelah Negara Pasundan dibubarkan, karena ia pada dasarnya menjabat untuk kepentingan republik.

Bahwa setelah itu ia tidak lagi mendapatkan kedudukan yang selayaknya, karena digeneralisasikan sebagai bagian dari "kelompok separatis", itulah realitas politik yang pahit bagi tokoh-tokoh Sunda. Alih-alih mendapatkan balas budi, tokoh-tokoh prorepublik yang bergabung dalam Negara Pasundan malah dipersulit ikut terlibat dalam pemerintahan NKRI. Dari sinilah populer istilah sokong jongklok, awalnya tampak mendukung tapi akhirnya menjerumuskan. Kekecewaan atas perlakuan seperti ini, ditambah lagi dengan kurangnya perhatian pemerintah atas tewasnya Oto Iskandar di Nata di tangan penculiknya, melahirkan Seruan Pengurus Pusat Front Pemuda Sunda Nomor 0013/A-0/1956. Bahwa telah terjadi "imperialisme Jawa" dengan cara menyingkirkan tokoh-tokoh Sunda yang militan dari jabatan-jabatan strategis di tingkat nasional.

"Raja Sunda" terakhir

Jika dilihat dari sisi sebagai orang Sunda, Wiranatakusumah adalah tokoh dengan jabatan tertinggi yang bisa diraih pribumi, baik secara struktural (bupati) maupun kultural (PPBB). Apalagi, selain itu, ia juga pernah menjabat Ketua Sedio Moelio, asosiasi bupati se-Hindia Belanda. Ditambah kedudukannya sebagai pendiri dan penasihat dalam berbagai kelompok kebudayaan, bukan mengada-ada jika Wiranatakusumah disebut sebagai "Siliwangi" modern. Dia bahkan mempunyai pengaruh yang lebih luas, menjangkau seluruh wilayah nusantara, tanpa kehilangan segala atribut kesundaannya. Rasanya tak berlebihan jika ia dijuluki "Raja Sunda" terakhir.

Setelah Wiranatakusumah, tak ada lagi tokoh Sunda yang memiliki pengaruh sekuat dirinya. Memang banyak orang Sunda yang tampil di pentas Jawa Barat atau nasional, tetapi kurang berakar di tengah masyarakatnya sendiri. Kebanyakan mereka "terpelanting" ke pusat-pusat kekuasaan karena faktor kedekatan dengan penguasa.

Apakah Wiranatakusumah layak menjadi pahlawan nasional? Ah, biarlah hal itu jadi diskursus bagi para sejarawan dan Badan Pembinaan Pahlawan Daerah saja. Bagi nonoman Sunda yang melek, Wiranatakusumah sudah menjadi pahlawan. Pengakuan negara hanyalah legitimasi administratif yang tidak perlu diminta-minta. Biarkanlah waktu yang akan mengujinya. Sebab, sebagaimana dikatakan Wiranatakusumah ketika menolak anugerah bintang pada 1948, "Belum pantas saya menerima bintang. Negara itu bukanlah saya, akan tetapi negara itu rakyat. Maka dalam tahun-tahun yang terakhir dari umur saya ini, saya akan bekerja lebih keras, menjelmakan cita-cita, tekad mengangkat rakyat ini dari kemiskinan dan kesengsaraan." (Iip D. Yahya, dari berbagai sumber) ***

http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=130078

__._,_.___

Tokoh - Djuanda Kartawidjaja

Ir. Djuanda Kartawidjaja: "Deklarator" Nusantara

"... adalah kewajiban mutlak kami tetap turut serta dengan seluruh rakyat Indonesia, Pemerintah Republik Indonesia, serta segenap alat-alat kekuasaan negara, membina dan membela dasar-dasar Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dalam keadaan apa pun juga adanya."
(Pernyataan bersama Soekarno-Hatta, 13 September 1957).

Sepintas mungkin ada yang bertanya, mengapa nama Djuanda, yang khas Sunda itu, dijadikan nama bandara dan pelabuhan di luar Jawa Barat? Hal itu tak lain karena jasa-jasa Djuanda, salah seorang putra terbaik Sunda yang telah mengabdi bagi republik ini, sejak awal kemerdekaan, tanpa korupsi dan menjilat atasan. Kinerjanya semakin diakui ketika ia menjabat perdana menteri (1957-59).

Kerja berat Djuanda Kartawidjaja begitu menjabat Perdana Menteri adalah menyatukan kembali dwitunggal Soekarno-Hatta. Hubungan kedua tokoh bangsa itu retak oleh berbagai hal, antara lain disebabkan adanya "gerakan protes" sejumlah daerah. Melalui satu konferensi nasional, Djuanda mengumpulkan tokoh-tokoh utama dari berbagai daerah untuk bertemu di Jakarta yang kemudian menghasilkan Dewan Nasional. Misi utama perhelatan itu antara lain untuk merekatkan kembali dwitunggal. Usaha itu berhasil dengan ditandatanganinya Pernyataan Bersama oleh Soekarno dan Hatta. Kutipan di awal tulisan ini memperlihatkan komitmen kuat keduanya untuk tetap menjaga keutuhan Indonesia.

Dengan langkahnya-langkahnya yang akomodatif tetapi didasari visi yang jauh ke depan, kepemimpinan Djuanda segera dapat menggerakkan kembali roda pembangunan Indonesia. Menjabat sebagai menteri hampir tanpa henti dengan berganti-ganti posisi, Djuanda mengerti benar apa yang harus dia lakukan. Sebelum menduduki kursi PM ia telah mendirikan pula biro perancang negara yang menjadi cikal bakal Bappenas. Tanpa bermaksud mencemooh, kalangan pers menjulukinya "Menteri Maraton".

Lahir di Tasikmalaya, 11 Januari 1914, Djuanda melewatkan pendidikannya di HIS, ELS, HBS, dan THS. Gelar insinyur dari THS ia raih pada 1933. Alih-alih menjadi arsitek, Djuanda malah menjadi guru di sekolah Muhammadiyah di Jakarta. Maklum, waktu itu ekonomi Hindia Belanda sedang jatuh, dikenal sebagai malaise, lowongan pekerjaan sulit didapatkan. Atas saran Oto Iskandar di Nata, Djuanda mengajar di AMS dan Kweekschool Muhammadiyah. Sebelum memimpin Paguyuban Pasundan (PP) dan menjadi anggota volksraad, Oto mengajar pula di sekolah ini. Atas rekomendasi Oto pula, Djuanda diangkat sebagai direktur kedua sekolah itu. Sejumlah insinyur yang "menganggur" juga ikut mengajar di sekolah tersebut. Kedekatan dengan Oto itu pula yang membuat Djuanda sejak 1934 terlibat di PP. Ia diminta oleh Oto untuk menjadi sekretarisnya.

Masih adakah memori yang tersisa di tengah kita mengenai sosok Djuanda? Sejumlah paparan berikut mungkin bisa memberikan sedikit jawabannya. "Kata-katanya selalu tenang, rasional, datar. Kalau lazimnya pembicara-pembicara waktu itu membangkitkan emosi para pendengar, kata-kata Djuanda membikin orang berpikir," ujar Ukar Bratakusumah, sesama alumni THS dan kawan seperjuangan di PP. "Tidak terburu-buru mengeluarkan pendapat. Masalah dipelajarinya secara teliti lebih dulu, diperhatikannya situasi, diperhitungkan waktu yang tepat untuk bicara, barulah beliau menyampaikan pandangan dengan kata-kata yang terpilih. Diupayakannya singkat, yang diucapkannya jelas dan pasti," kata Ukar menambahkan.

"Pak Djuanda adalah pelopor perancangan pembangunan nasional," ujar Prof. Bintoro Tjokroamidjojo menjelaskan. "Pak Djuanda (dibantu oleh Ali Budiardjo) yang memimpin Biro Perancang Negara, dan kemudian berhasil menyelesaikan penyusunan Rencana Pembangunan Lima Tahun 1956-1960, suatu rencana pembangunan nasional yang cukup menyeluruh dan yang pertama di Indonesia," katanya.

Dalam catatan Prof. Roosseno, wafatnya Djuanda pada 1960 bahkan telah mengubah jalannya sejarah Indonesia. "Pada zaman pemerintahan Soekarno, ada dua orang yang memengaruhinya, yaitu Djuanda dan Soebandrio. Jika Ir. Djuanda tidak meninggal, Soekarno tidak akan dipengaruhi oleh PKI. Sesudah Djuanda meninggal, Soekarno terseret oleh Soebandrio...." dari paparan Roosseno itu, jelas bagi kita bahwa Djuanda bukanlah pejabat yang suka asal bapak senang. Ia berani menyampaikan apa adanya, salah atau benar.

Namun, sebagaimana lazimnya orang baik dan jujur di negeri ini, niscaya banyak yang tidak suka kepadanya. Catatan Jenderal Besar Nasution bisa dijadikan rujukannya. "Pak Djuanda serius mengupayakan stabilitas/rehabilitasi, tetapi oleh rekan-rekan menteri lain diserang secara terbuka dalam rapat-rapat umum."

Pada 1952, bertempat di Fakultas Teknik Universitas Indonesia di Bandung (kampus bekas THS), Djuanda menginisiasi lahirnya organisasi profesi Persatuan Insinyur Indonesia. Ia pun terpilih jadi ketuanya yang pertama. Lalu ketika menjabat PM, pada 1957, Djuanda memutuskan untuk "mendirikan" ITB. Awalnya Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan, bermaksud memisahkan Fakultas Teknik di Bandung itu dari UI dan akan menggabungkannya dengan Unpad yang baru didirikan. Djuanda pula yang menentukan rektor dan dewan kurator ITB yang pertama.

Salah satu puncak karier Djuanda dicapai pada 13 Desember 1957. Ia memproklamasikan suatu deklarasi dengan memakai namanya yang kelak menjadi tonggak keutuhan tanah-air-udara nusantara.

Deklarasi itu berbunyi: "Segala perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau atau bagian pulau-pulau yang termasuk daratan negara Republik Indonesia, dengan tidak memandang luas atau lebarnya adalah bagian-bagian yang wajar dari pada wilayah daratan negara Republik Indonesia dan dengan demikian merupakan bagian dari perairan nasional yang berada di bawah kedaulatan mutlak daripada negara Republik Indonesia.

"Lalu lintas yang damai di perairan pedalaman ini bagi kapal asing terjamin selama dan sekedar tidak bertentangan dengan kedaulatan dan keselamatan negara Indonesia. Penentuan 12 mil yang diukur dari garis-garis yang menghubungkan titik-titik terluar pada pulau-pulau negara Republik Indonesia akan ditentukan dengan undang-undang."

Melalui perjuangan panjang yang dimotori ahli hukum laut Mochtar Kusumaatmadja, deklarasi itu diakui dunia internasional pada 1982. Dengan deklarasi itulah, Indonesia berhasil memperjuangkan perairan antarpulaunya menjadi wilayah negara sehingga luas Indonesia bertambah sekitar 3,7 juta km2. Dalam ungkapan Sarwono Kusumaatmadja, hasil itu dicapai dengan, "Tanpa perang dan marah-marah, hanya pakai otak, kita menjadi negara kepulauan terbesar di dunia."

Jika Soekarno-Hatta disebut proklamator Republik Indonesia, kira-kira julukan apakah yang layak disandangkan kepada sosok yang telah "mempersembahkan" tambahan wilayah negara seluas 3,7 juta km2 itu? Mungkin julukan sebagai "Deklarator Nusantara" layak untuk dipertimbangkan. (Iip, dari berbagai sumber)***

 

Renungan

meureun maksudna teh kieu: "ti iwung nungtung ka padung, ti kanteh dugi ka boeh,"
ngagambarkeun lalakon hirup manusa ti borojol gubrag ka alam dunya nepi ka dikurungan padung
dikubur diurugan taneuh beureum. persis jiga lalakon tangkal awi, ti borojol jadi iwung nu sok disayur
atawa diurab, panungtunganana mah dijadikeun padung keur ngurebkeun mayit. kitu deui lalakon
kanteh alias bola alias benang, diuntuy-untuy tungtungna jadi boeh keur bungkus mayit.

tah saterusna mah, bisa dirarampa,kumaha maksudna eta papatah.

 

"mutiara kata" alias "quote" dina basa sunda sok mindeng kapanggih di paguron silat.
sakadar conto:

"Ti Iwung Nungtung Ka Padung,
Ti Kanteh Dugi Ka Boeh,
Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda,
Lir Ibarat Sinar Mustika,
Bari Nyusul Nu Ngaliwat,
Malikeun Panyangka Nu Sulaya,
Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Kamis, 04 November 2010

Seni Kuda Renggong Dalam Masyarakat Sumedang

 

Kuda renggong ayeuna laguna mobil butut, talak tilu  jeung sajabana, pokona mah anu keur in disebutna lagu bangreng.

Sok ningalikeun ngalatih suku kuda sangkan leumpangna jadi acred acredan nyaeta bari ditungtun titukang terus sukuna ku dirintangan ku cocolek/iteuk.

 

Baheula ngaran kuda renggong anu tenar nyaeta si dinar

 

Masyarakat jawa barat, terutama kabupaten sumedang, mengenal yang namanya kesenian kuda renggong dalam kehidupan keseharian masyarakatnya. Kuda renggong merupakan salah satu seni pertunjukan rakyat. Kata renggong di dalam kesenian ini merupakan metatesis dari kata ronggeng, yaitu kamonesan (bahasa Sunda untuk "keterampilan") cara berjalan kuda yang telah dilatih untuk menari mengikuti irama musik, terutama kendang, yang biasanya dipakai sebagai media tunggangan dalam arak-arakan anak sunat.

Berdasarkan literatur sejarah, lahirnya kesenian kuda renggong di Kabupaten Sumedang mulai muncul sekitar tahun 1910. Awalnya, Pangeran Aria Suriaatmaja yang memerintah Kabupaten Sumedang selama 37 tahun (1882-1919) berusaha untuk memajukan bidang peternakan. Pangeran Suriaatmaja sengaja mendatangkan bibit kuda unggul dari Pulau Sumba dan Sumbawa. Selain digunakan sebagai alat transportasi bangsawan, pada masa tersebut kuda juga sering difungsikan sebagai pacuan kuda dan alat hiburan.

Mulai tahun 1910 hingga sekarang, kuda renggong secara tradisional sering dipertontonkan pada acara khitan/sunatan. Sebelum seorang anak dikhitan, sang anak diarak mengelilingi kota di atas punggung kuda renggong diikuti oleh anggota keluarga dan kerabat dekat yang ikut menari di depanya dan berkeliling dari satu desa ke desa lainya. Lalu dengan berpakaian wayang tokoh Gatotkaca, dinaikkan ke atas kuda renggong lalu diarak meninggalkan rumahnya berkeliling mengelilingi desa. Musik pengiring dengan penuh semangat mengiringi sambung-menyambung dengan tembang-tembang yang dipilih, antara lain Kaleked, Mojang Geulis, Rayak-rayak, Ole-ole Bandung, Kembang Beureum.

Sepanjang jalan, kuda renggong bergerak menari dikelilingi oleh sejumlah orang yang terdiri atas anak-anak dan remaja desa, bahkan orang-orang tua yang mengikuti irama musik. Setelah berkeliling desa, rombongan kuda renggong kembali ke rumah anak sunat, biasanya diiringi dengan lagu "Pileuleuyan" (perpisahan). Ketika anak sunat selesai diturunkan dari kuda renggong, biasanya dilanjutkan dengan acara saweran (menaburkan uang logam dan beras putih) yang menjadi acara yang ditunggu-tunggu, terutama oleh anak-anak desa.

Menurut Euis Suhaenah, dosen tari STSI Bandung, kesenian kuda renggong menjadi kesenian yang sarat akan nilai filosofis. Mengajak kuda merayakan bersama pesta untuk mengantarkan seorang anak ke gerbang kedewasaannya. Doa dipanjatkan melalui lagu anak berpakaian Gatotkaca, seorang ksatria yang gagah berani mati untuk negara dan sangat patuh pada orang tua. Ada satu kuda dikosongkan untuk tunggangan para karuhun (nenek moyang atau sesepuh) yang telah tiada untuk ikut serta mengantar sang anak menuju gerbang kedewasaan dan mengemban tanggung jawab yang lebih besar.

Di sisi lain, para seniman mengungkapkan semangat yang disampaikan kesenian kuda renggong merupakan rangkaian upacara inisiasi (pendewasaan) dari seorang anak laki-laki yang disunat. Kekuatan kuda renggong yang tampil akan membekas di sanubari anak sunat, juga pemakaian kostum tokoh wayang Gatotkaca yang dikenal sebagai figur pahlawan.

Dalam perkembangannya, kesenian kuda renggong terus mengalami perkembangan, sumedang sebagai salah satu simbol kesenian kuda renggong pun tak juga lepas dari pengaruh tersebut. salah satu yang paling disorot adalah iringan lagu dalam pementasaan, pada substansinya penggunanan lagu iringan tersebut merupakan sekaligus panjatan doa kepada Sang Pencipta, tetapi pada masa kini pementasaan kuda rengggong tak jarang menggunakan lagu-lagu yang jauh dari makna doa itu sendiri. Akan tetapi, kuda renggong sebagai salah satu simbol daerah Sumedang tentunya patut terus dijaga kemurniaannya sebagai salah satu warisan kesenian leluhur yang sarat dengan makna filosofis kepada Sang Pencipta. (Ardinanda, mahasiswa Unpad)***

http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=162770

 

Rabu, 03 November 2010

10 Ikan Tercepat di Dunia

 

10 Ikan Tercepat di Dunia

 

 

1. Sailfish, max. recorded speed = 110 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


2. Marlin, max. recorded speed = 80 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


3. Wahoo, max. recorded speed = 78 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


4. Tunny, max. recorded speed = 74 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


5. Bluefish tuna, max. recorded speed = 70 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


6. Great blue shark, max. recorded speed = 69 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


7. Bonefish, max. recorded speed = 64 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


8. Swordfish, max. recorded speed = 64 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


9. Four-winged flying fish, max. recorded speed = 56 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.


10. Tarpon, max. recorded speed = 56 kilometer perjam

Spoiler for ikan: [Show]

Image removed by sender.

 

 

__._,_.___

Senin, 01 November 2010

RENUNGAN

Koreksi lagi. Yang benar "nglurug" (menyerang dengan banyak
balatentara) bukan "ngluruk" (ini bisa berarti berkokok : keluruk
seperti ayam jago). Basa Jawa tidak punya huruf A tetapi ditulis Ha.
Cara pembacaan tetap A. Misalnya Hangkara (tulisan) tetap dibaca
Angkara, kecuali ada penekanan untuk membuat artinya lebih serius.
Ambeg bisa dibaca Hambeg (dengan tekanan), Ibu dapat dibaca Hibu (jika
emosi terlibat, misalnya ketika Gatutkaca pamitan pralaya pada
Arimbi-ibunya) Amengku bisa dibaca Hamengku untuk memperdalam arti.
Yang terakhir ini juga ada permainan arti yang dalam :" hamengku
(menguasai tidak secara fisik), hamangku (memangku), hamengkoni
(menguasai secara legal dan bertanggung jawab)".

On 11/1/10, rusdian lubis <rusdianlubis@gmail.com> wrote:
> Yang benar ejaannya "urub" (nyala), kalau "urup" bisa berarti hanya
> lebih sedikit dari "break event". Bahasa jawa banyak menggunakan
> "oenomatopeia" atau juga perubahan arti karena perubahan vokal atau
> konsonan. Yang klasik misalnya : "hening, heneng (e spt e dlm kaleng),
> dan heneng ( e pepet)" untuk menunjukkan status meditasi, atau "
> gandang, gending, gendeng, gendeng" untuk menunjukkan syarat kualitas
> dalang. Sayang, penutur bahasa Jawa dan bahasa nusantara lain yang
> amat indah ini makin sedikit. Biarpun dirumah kami pakai bahasa Jawa,
> anak-anak saya yang tinggal belasan tahun di LN cuma bisa "ngoko"
> itupun gaya Suroboyo an.
>

RENUNGAN

1. URIP IKU URUP

[Hidup itu nyala, hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di
sekitar kita]

2. MEMAYU HAYUNING BAWANA, AMBRASTA DUR HANGKARA

[Harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan serta
memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak]

3. SURA DIRA JAYA JAYANINGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI

[Segala sifat keras hati, picik, angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan
sikap bijak, lembut hati dan sabar]

4. NGLURUK TANPA BALA, MENANG TANPA NGASORAKE, SEKTI TANPA AJI-AJI, SUGIH
TANPA BANDHA

[Berjuang tanpa perlu membawa massa, Menang tanpa merendahkan/mempermalukan,
Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan/kekuatan/kekayaan/keturunan, Kaya
tanpa didasari hal2 yg bersifat materi]

5. DATAN SERIK LAMUN KETAMAN, DATAN SUSAH LAMUN KELANGAN

[Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri, Jangan sedih
manakala kehilangan sesuatu]

6. AJA GUMUNAN, AJA GETUNAN, AJA KAGETAN, AJA ALEMAN

[Jangan mudah terheran-heran, Jangan mudah menyesal, Jangan mudah terkejut
dgn sesuatu, Jangan kolokan atau manja]

7. AJA KETUNGKUL MARANG KALUNGGUHAN, KADONYAN LAN KEMAREMAN

[Janganlah terobsesi atau terkungkung dengan kedudukan, materi dan kepuasan
duniawi]

8. AJA KUMINTER MUNDAK KEBLINGER, AJA CIDRA MUNDAK CILAKA

[Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, Jangan suka berbuat
curang agar tidak celaka]

9. AJA MILIK BARANG KANG MELOK, AJA MANGRO MUNDAK KENDHO

[Jangan tergiur oleh hal2 yg tampak mewah, cantik, indah dan jangan berfikir
gamang/plin-plan agar tidak kendor niat dan kendor semangat]

10. AJA ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA

[Jangan sok kuasa, sok besar/kaya, sok sakti]....


Tambahan:

Angkara gung
Neng angga-anggung gumulung
Gogolonganira
Tri loka lekere kongsi
Yen den umbar ambabar dadi rubeda

diartikan secara bebas...

Sebuah keserakahan itu sifatnya merasa selalu kurang, sekali terlibat akan
terus membesar sampai sampai menutup semua hal. pikiran, perasaan dan
harapan tertutupi dengan keserakahan, apabila diteruskan akan
menyebabkan sebuah permasalahan yang sangat besar.


Salam cinta penuh do'a yang tak putus,

Maya Suswati